Home Palu

Mahasiswa IAIN Perlu Penguasaan Bahasa Asing

179
Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi MS pada acara pembukaan kegiatan pemantapan kursus bahasa Inggris dan Arab di Aula IAIN Palu, Jumat 16 Agustus 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Rektor IAIN Palu Prof Sagaf Pettalongi MS menegaskan salah satu instrumen penting dalam meningkatkan mutu mahasiswa IAIN Palu adalah melalui penguasaan dan keterampilan berbahasa asing. Menurutnya, upaya itu bisa dilakukan baik melalui lembaga bahasa maupun mahad.

‘’Jadi melalui program ini kita harapkan bisa meningkatkan kualitas mahasiswa dalam memiliki keterampilan berbahasa,’’ujar Prof Sagaf usai membuka kegiatan pemantapan kursus bahasa Inggris dan Arab di Aula IAIN Palu, Jumat 16 Agustus 2019.

Rektor mengakui salah satu titik lemah selama ini adalah pelaksanaan kegiatan tersebut yang terkesan masih rutinitas. Alasannya,program tersebut berjalan karena memang sudah dianggarkan oleh lembaga bahasa. Sehingga output dari program tersebut masih jauh dari target yang diharapkan. Untuk itu, ia meminta kepada pimpinan lembaga bahasa atau pihak terkait untuk bisa bekerja lebih serius dan maksimal. Untuk menguji keseriusan program itu, Rektor akan menerapkan penggunaan bahasa asing jika bertemu dengan  semua peserta program tersebut.

Keseriusan pimpinan IAIN Palu dalam peningkatan kualitas mahasiswanya memang tidak main-main. Dalam peningkatan kualitas dan pembinaan kemahasiswaan tahun ini juga ditandai dilakukan melalui mahad dengan mengalokasikan dana Rp50 ribu per mahasiswa.

‘’Jika dana tersebut dikalikan dengan mahasiswa yang misalnya 2000 orang maka tentu hasilnya lumayan. Jadi saya minta kepada Wakil Rektor 1 dan bawahannya untuk bisa konsisten dan serius dalam menjalankan program ini,’’pesannya.

Sebelumnya Ketua UPT Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Palu Dr H Abidin Djafar dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan tersebut untuk memantapkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam berbahasa asing khususnya bahasa Inggris dan Arab tingkat lanjutan.

Peserta yang jumlahnya 100 mahasiswa dari seluruh fakultas di IAIN Palu ini nantinya diharapkan bisa menguasai bahasa asing dengan skor minimal 80 persen. Disebutkan, untuk program yang mendapat anggaran Rp170 juta lebih tersebut melibatkan 16 tenaga pengajar untuk dua jenis bahasa.

‘’Jadi masing-masing delapan orang untuk pengajar bahasa Inggris dan delapan orang untuk pengajar bahasa Arab,’’ tandas Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Palu ini.

Reporter: Djunaedi
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas