Home Sulteng Desa Sido Mukti dan Kelurahan Buol Raih Penghargaan Regional dan Provinsi

Desa Sido Mukti dan Kelurahan Buol Raih Penghargaan Regional dan Provinsi

40
Berseragam putih-putih, para kades dan lurah penerima piala dan penghargaan juara lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulteng tahun 2019, usai upacara Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia tingkat Provinsi Sulteng di halaman kantor Gubernur Sulteng, Sabtu, 17 Agustus 2019. (Foto: Syahril Hantono/ Metrosulawesi)
  • Buat Perdes Selingkuh dan Ubah Kampung Kumuh Jadi Bersih

USAI peringatan Hari Kemerdekaan ke 74 Republik Indonesia tingkat Provinsi Sulteng di halaman kantor Gubernur Sulteng, Sabtu, 17 Agustus 2019 diisi dengan penyerahan piala dan pengharaan kepada para juara lomba.  Mereka yang menerima piala dan pengharaan antara lain pemenang juara lomba kelurahan desa tingkat Provinsi Sulteng tahun 2019.

Piala dan penghargaan itu diserahkan langsung Gubernur Sulteng H Longki Djanggola. Data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulteng, tahun ini yang meraih juara pertama kategori desa, yaki Desa  Sido Mukti, Kecamatan Toili, Kabupaten Banggai, juara kedua Desa Lohu Afu, Kecamatan Bungku Timur, Kabupaten Morowali, dan juara ketiga Desa Bangunemo, Kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan.

Sedangkan untuk kategori kelurahan, juara pertama Kelurahan Buol, Kecamatan Biau, Kabupaten Buol, juara kedua Kelurahan Sayo, Kecamatan Poso Kota, Kabupaten Poso, dan juara ketiga Kelurahan Uentanaga Atas, Kecamatan Rantolindo, Kabupaten Tojo Una Una.

Kepala Dinas PMD Sulteng, Zubair mengatakan, Desa Sido Mukti dan Kelurahan Buol mewakili Provinsi Sulteng pada lomba yang sama di tingkat regional wilayah III (Kalimantan-Sulawesi). Hasilnya, Desa Sido Mukti dan Kelurahan Buol meraih juara harapan II.

Penghargaan diterima langsung Kades Sido Mukti, Rukun dan Lurah Buol, Masita Kunding. ‘’Penghargaan juara regional III sudah diserahkan kepala desa dan kelurahan di Jakarta kemarin (Kamis, 16 Agustus 2019),’’ kata Zubair didampingi Kepala Seksi Pembinaan dan Evaluasi Perkembangan Desa, Dinas PMD Sulteng, Yohana Rumampuk.

Meski meraih juara harapan, yang membuat bangga hanya Provinsi Sulteng yang meraih dua penghargaan juara di tingkat regional wilayah III. Sementara provinsi lain di Kalimantan dan Sulawesi hanya satu desa atau kelurahan.

Pembeberian penghargaan itu terletak pada inovasi yang diterapkan di desa dan kelurahan. Di Desa Sido Mukti yang dipimpin Rukun (kepala desa) membuat inovasi dalam pelayanan masyarakat.

Misalnya membuat peraturan desa (Perdes) yang melarang warganya untuk seligkuh. Kemudian menggerakkan masyarakat desa untuk menjemur kasur setiap hari Jumat. Desa itu itu mengembangkan pembuatan pupuk kompos, untuk memupuk tanaman sayur mayur yang ada di desa itu. Hasilnya produksi sayur mayur melimpah, sehingga bisa dijual ke daerah lain. Sedangkan di Kelurahan Buol, lurahnya Masita Kunding menggerakkan masyarakatnya untuk menciptakan dan menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan kelurahan itu yang sebelumnya kumuh berubah bersih yang dikenal dengan kampong pelangi.

Reporter: Syahril Hantono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here