Home Sulteng BPTD Sulteng Gelar Gerakan Sipantas Jalan

BPTD Sulteng Gelar Gerakan Sipantas Jalan

42
FOTO BERSAMA - Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XX Sulawesi Tengah, Drs. Hasan Bisri (tengah) bersama jajaran saat foto bersama pada gelaran Gerakan Nasional Aksi Bersih-Bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (Sipantas Jalan) di Jalan Samratulangi, Kota Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kementerian Perhubungan melalui Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XX Sulawesi Tengah melaksanakan Gerakan Nasional Aksi Bersih-Bersih Perlengkapan Lalu Lintas Jalan (Sipantas Jalan).

Kepala Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XX Sulawesi Tengah, Hasan Bisri mengatakan kegiatan tersebut juga merupakan rangkaian menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74.

“Penting juga diingat bahwa dengan ini kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa perlengkapan jalan adalah bagian dari fasilitas keselamatan yang harus dipelihara dan dijaga bersama. Termasuk kalau ada ranting pohon yang menghalangi jarak pandang pengendara akan kami hilangkan,” ujarnya saat ditemui Metrosulawesi, Selasa, 13 Agustus 2019.

Ia menjelaskan, kegiatan ini dilakukan secara serentak di 25 Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) di seluruh Indonesia. Ia mengatakan bahwa kegiatan Sipantas Jalan ini adalah salah satu bagian dari kegiatan Pekan Nasional Keselamatan Jalan 2019.

“Sebagaimana selama ini banyak dari masyarakat yang tidak peduli dengan perlengkapan jalan. Salah satunya dengan menempelkan spanduk, slogan maupun pamflet, sehingga fasilitas perlengkapan jalan penggunaannya menjadi ganda. Maka itu kita mengembalikan sesuai dengan fungsi semula,” terangnya.

Dia mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan minimal pada 200 titik rambu yang ada di Kota Palu. Sedangkan, jumlah anggota yang diturunkan pada kegiatan tersebut sebanyak 40 orang, dimana satu kelompok terdiri 8 orang.

 “Sebenarnya banyak sekali perlengkapan jalan disini, bisa sampai ribuan. Namun, kegiatan ini sebagai langkah awal yang selanjutnya diteruskan oleh instansi terkait.  Semua terbagi dalam lima tim di kegiatan ini,” jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk senantiasa menjaga dan memelihara fasilitas perlengkapan jalan yang ada di Kota Palu maupun di seluruh provinsi Sulawesi Tengah.

“Karena manfaat dari perlengkapan jalan ini adalah berfungsi untuk keselamatan pengguna jalan, sehingga tingkat kenyamanan menjadi prioritas dan angka kecelakaan menurun,” ucapnya.

Ke depannya, kata dia, kegiatan Sipantas Jalan ini akan dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan di seluruh wilayah kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah.

“Nantinya BPTD akan melaksanakan kegiatan ini rutin bersama dengan Dinas Perhubungan, PT. Jasa Raharja, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR serta kepolisian setempat,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here