Home Politik Penetapan Caleg Sigi Terpilih Tunggu PSU

Penetapan Caleg Sigi Terpilih Tunggu PSU

122
Tanwir Lamaming. (Foto: Syamsu Rizal/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi harus menunda penetapan calon anggota DPRD Sigi terpilih. Penundaan dilakukan karena Mahkamah Konstitusi (MK) memerintah pemungutan suara ulang (PSU) di salah satu TPS di Sigi.

Ketua KPU Sulawesi Tengah Tanwir Lamaming mengatakan, MK memerintahkan pemungutan suara ulang di salah TPS di Sigi. Oleh karena itu, penetapan caleg terpilih untuk DPRD Sigi menunggu hasil PSU tersebut.

Diketahui, pada sidang pembacaan putusan Jumat 8 Agustus 2019, MK memerintahkan KPU melakukan pemungutan suara ulang pada TPS 01 Desa Bolobia, Kecamatan Kinavaro, Sigi. KPU diberi waktu 14 hari kerja setelah pengucapan putusan.

MK menyatakan tidak ada formulir model C7 atau daftar hadir pemilih dalam proses pemungutan suara dan karena itu harus dilakukan PSU. Adapun gugatan itu diajukan oleh PDI Perjuangan.

“Dari semua gugatan untuk Sulawesi Tengah yang masuk ke MK, hanya di Sigi yang diperintahkan pemungutan suara ulang yakni di TPS 01 Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi,” kata Tanwir Lamaming ditemui di kantornya, Senin 12 Agustus 2019.

Menurut Tanwir Lamaming, PSU direncanakan pada 18 Agustus 2019. Surat suara PSU sudah siap.

“Jadwal itu masih berupa pengajukan usulan,” kata Tanwir Lamaming.

Divisi Teknis KPU Sulawesi Tengah Samsul Y Gafur merincikan, sebelumnya parpol yang mengajukan gugatan PHPU di MK dari Sulawesi Tengah yakni Gerindra, PKB, Hanura, Berkarya, dan PDI Perjuangan.

“Untuk Partai Gerindra dalam putusan MK menyatakan permohonan tidak dapat diterima. Sedangkan PKB, MK menyatakan menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya,” jelas Samsul Y Gafur.

Adapun Partai Hanura menarik permohonannya. MK telah mengeluarkan ketetapan terkait hal itu. Begitu juga dengan Partai Berkarya yang dalam ketetapan MK menyatakan permohonan pemohon gugur.

Selanjutnya PDI Perjuangan juga menggugat rekapitulasi perolehan suara untuk DPRD Donggala dapil 2, tapi MK menyatakan menolak permohonan pemohon tersebut.

“Tapi, gugatan PDI Perjuangan untuk DPRD Sigi dapil 5, putusan MK menyatakan memerintahkan pemilihan suara ulang di TPS 01 Desa Bolobia, Kecamatan Kinovaro,” kata Samsul Y Gafur.

Reporter: Syamsu Rizal
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here