Home Donggala Kasman Targetkan Penurunan Kemiskinan 13 Persen

Kasman Targetkan Penurunan Kemiskinan 13 Persen

91
HUT DONGGALA - Bupati Donggala, Kasman Lassa didampingi Sekdaprov Sulteng, Hidayat Lamakarate, Bupati Sigi Irwan Lapata dan wakilnya Paulina saat menghadiri Upacara HUT Kabupaten Donggala ke-67 di Donggala, Senin 12 Agustus 2019. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Puncak perayaan peringatan HUT Donggala yang ke 67 tahun ditandai dengan upacara di halaman Kantor Bupati Donggala, Senin pagi 12 Agustus 2019. Tampak hadir Sekprov Hidayat Lamakarate, Bupati Sigi Irwan Lapata dan wakilnya, dan unsur forkompinda.

Kasman Lassa di hadapan para tamu undangan menjelaskan selama kepemimpinannya telah mengukir prestasi pertama kebijakan 10 persen APBD diberikan kepada desa, penghargaan perencanaan Pangrapita Provinsi Sulteng dan Pangarpita Nusantara tahun 2016-2017, WTP dan WDP dalam pengelolaan keuangan dari BPK, Anugerah Piala Adipura 2014-2018, piagam pengharagaan LAKIP tahun 2014 dengan kategori C, dan tahun 2015 dengan kategori dari kementrian pendayagunaan aparatur sipil negara, penghargaan di bidang pajak.

Kemudian Kasman juga mengatakan bencana gempa dan tsunami telah berdampak luas dalam kehidupan sosial ekonomi masyarakat. Selain menimbulkan korban jiwa sebanyak 212 orang, 19 hilang, 175 luka-luka juga sebanyak 36.346 orang mengungsi.

“Bencana juga menimbulkan kerusakan fisik kerugian infrastruktur mencapai Rp3,208 triliun, untuk pemulihan dibutuhkan anggaran Rp6,308 triliun,” katanya.

Kasman menargetkan selama lima tahun kedepan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Donggala dengan menekan angka kemiskinan.

“Kami target angka kemiskinan akan turun 10-13 persen. Untuk itu kami akan melaksanakan program gerakan penuntasan kemiskinan atau gertaskin serta program pengentasan kemiskinan lainnya. Gertaskin berbasis pada tiga tuntas, yaitu tuntas kebutuhan pokok, tuntas pendapatan, dan tuntas usaha,” sebutnya.

Dia akhir sambutannya Kasman berharap, momentum hari jadi Kabupaten Donggala ke 67 tahun bisa menumbuhkan semangat Donggala Nakua, kana mebangu, soungu patuju mombangu ngapa.

“Donggala harus harus kuat, harus bangkit dan satu keinginan membangun daerah,” tutupnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here