Home Ekonomi BNI Syariah Sembelih 15 Hewan Kurban, Muamalat Bagikan 200 Paket

BNI Syariah Sembelih 15 Hewan Kurban, Muamalat Bagikan 200 Paket

38
Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu membagikan kurang lebih sebanyak 200 paket daging kurban kepada masyarakat. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT), Bank Negara Indonesia (BNI) syariah Cabang Palu melakukan penyembelihan dalam rangka menyambut hari raya idul adha 1440 hijriyah sebanyak 15 hewan kurban yang terdiri dari 9 sapi dan 6 ekor kambing.

Pada kesempatan ini BNI Syariah cabang Palu menyelenggarakan Qurbanku Hasanahku, merupakan kegiatan pengumpulan hewan qurban yang diberikan oleh nasabah, masyarakat, maupun karyawan melalui seluruh Kantor Cabang BNI Syariah, kemudian disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa menjadi wadah bagi masyarakat, nasabah, maupun karyawan dalam menyalurkan hewan kurban secara tepat sasaran dan menjangkau penerima manfaat yang lebih luas,” jelas Wakil Ketua Panitia, Agung Yudo Raharjo saat ditemui Metrosulawesi, Minggu (11/8/2019).

Menurutnya, pada tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, yaitu dilaksanakan bekerja sama dengan sekolah atau lembaga pendidikan dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan/ sejarah terkait kurban sekaligus literasi keuangan syariah. Sementara itu, BNI Syariah Cabang Palu membagikan sebanyak 450 paket kurban kepada yang berhak menerima.

“Dalam pelaksanaannya, Qurbanku Hasanahku juga mengandung unsur green activity untuk kelestarian lingkungan, dimana penyerahan hewan kurban menggunakan besek bambu,” ucap Agung.

Sedangkan, kata dia, ini adalah program kantor pusat yaitu Qurban Hasanah di Batas Negeri. BNI Syariah bersama Yayasan Hasanah Titik dan lembaga amil zakat jugab melakukan penyaluran hewan kurban berupa satu ekor sapi di 9 sembilan titik terluar Indonesia.

“Yaitu Dusun Penyalahadi Hulu – Kalbar, Pulau Semau – NTT, Desa Kudu – Maluku Utara, Konawe Selatan – Sulawesi Tenggara, Singkawang – Kalbar, Pulau Air Mas – Batam, Desa Ubung, – Pulau Buru, Desa Beha, – Sulut, dan Aceh Jaya – NAD. Titik tersebut merupakan lokasi dari pelaksanaan program pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan sebelumnya oleh BNI Syariah bertajuk Benteng Hasanah di Batas Negeri,” ungkapnya.

Untuk menambah kemeriahan peringatan Idul Adha 1440 H, BNI Syariah menyelenggarakan program Qurbanku, yaitu pemberian apresiasi hadiah dalam bentuk hewan qurban kepada nasabah yang melakukan top up dana /membuka rekening selama periode program, bekerja sama dengan Daarul Qur’an dan Global Qurban (ACT).

Program ini berlaku untuk pembukaan tabungan BNI Prima iB Hasanah, BNI Bisnis IB Hasanah, BNI iB Hasanah, dan BNI Tunas iB Hasanah. Selain itu, BNI Syariah menawarkan kemudahan bagi nasabah yang hendak beribadah qurban melalui Daarul Qur’an dengan harga yang terjangkau, cukup dengan membayar melalui internet banking, ATM, maupun mobile banking.

Program cicilan 0% untuk pembelian hewan qurban dengan BNI iB Hasanah Card juga disediakan oleh BNI Syariah bekerja sama dengan Rumah Zakat dan Qurban Istimewa (QUIS) Daarul Quran, dengan mekanisme cicilan 0% selama 3 dan 12 bulan menggunakan BNI iB Hasanah Card.

Hasanah merupakan sebuah nilai yang disarikan dari Al – Quran dan menjadi identitas BNI Syariah dalam menebarkan kebaikan melalui insan hasanah dan produk / layanannya. Cita – cita mulia yang ingin disampaikan melalui nilai Hasanah adalah kehadiran BNI Syariah dapat membawa kebaikan bagi seluruh pihak serta menjadi Rahmatan Lil’ Alamin.

“Hasanah didasari oleh Maqoshid Syariah yang berarti tujuan dari ditetapkannya syariah (hukum agama) yaitu untuk melindungi keyakinan, keberlangsungan hidup, dan hak asasi manusia terdiri dari lima hal yaitu menjaga agama, menjaga jiwa, menjaga akal, menjaga keturunan dan menjaga harta,” terangnya.

Sementara itu Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu membagikan kurang lebih sebanyak 200 paket daging kurban kepada masyarakat.

Branch Manager Bank Muamalat Cabang Palu mengungkapkan pihaknya berkurban sebanyak tiga ekor sapi dan satu ekor kambing. Menurutnya, agar keberkahan ditahun ini menjadi kebahagian milik bersama.

“Selain karyawan, tetanga sekitar kantor dan ke Panti Asuhan kita berikan. Jadi kita bagi secara merata masing-masing dapat 1 kg daging dan setengah kg tulang,” ungkapnya.

Sementara itu, Bank Muamalat Cabang Palu juga mengajak masyarakat untuk ikut dalam program tabungan rencana kurban. Dengan begitu, kata dia, di program tersebut nasabah bisa menabung Rp150 – Rp180 ribu per bulan sampai pada 10 Dzulhijjah tahun depan.

“Artinya, masyarakat atau nasabah sudah bisa menyisihkan dari sekarang bulan Dzulhijjah tahun ini. Diharapkan, tahun depan warga khususnya umat muslim yang ingin berkurban sapi secara kelompok, maupun berkurban secara individu,” katanya.

Sebelumnya, di tahun 2018, Bank Muamalat Cabang Palu bekerja sama dengan pihak Kodim 1306 Donggala dalam melakukan pemotongan hewan kurban.

Ia juga berharap , meskipun bagi masyarakat yang menjadi korban bencana alam 28 September 2018 silam yang melanda Kota Palu, Sigi, Donggala dan Parigi Moutong mereka masih bisa bersedekah walaupun ujian datang beberapa waktu lalu.

“Semoga kita selalu diberikan kesabaran dan keberkahan di lebaran kurban tahun ini. Sehingga, semua warga hari ini tepatnya di hari raya kurban dapat pula merasakan kegembiraan ini karena dalam kondisi apapun kita selalu bersyukur,” pungkasnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here