Home Parigi Moutong Tiga Parpol Tidak Dapat Kursi Di DPRD Parimo

Tiga Parpol Tidak Dapat Kursi Di DPRD Parimo

136
Ketua KPU Kabupaten Parigi Moutong, Abdul Chair. (Foto: Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), menggelar  Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Parimo tahun 2019 Pasca Putusan Mahkamah Konstitusi RI.  Rapat Pleno KPU yang berlangsung sehari itu digelar di Aula KPU Parimo Sabtu 10 Agustus 2019.

Dari hasi keputusan yang dikeluarkan dari rapat pleno, Pihak KPU Parimo telah menetapkan sebanyak 40 kursi partai politik pemenang dan calon terpilih pada Pemilu 19 April 2019 lalu, sebagai anggota DPRD Parimo.

“Nama-nama calon terpilih akan kami serahkan ke masing-masing Ketua Partai dan selanjutnya akan disampaikan pada calon yang terpilih untuk mengikuti pelantikan,” ungkap Ketua KPU Parimo, Abdul Chair kepada sejumlah aqwak media usai memimpin rapat pleno.

Menurut Chair sapaan akrabnya,  Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih tersebut berdasarkan jadwal dan tahapan Pemilu yang ditindaklanjuti melalui surat keputusan KPU Parigi Moutong nomor: 406/PL.01.9-Kpt/7207/KPU-Kab/VIII/2019.

“Karena Penetapan kursi dan calon pemenang pada Pemilu ini kami laksanakan setelah lima hari pasca putusan MK RI,” ujar Chair.

Chair menjelaskan, berdasarkan putusan KPU Parimo, Partai PKB memperoleh empat kursi dari lima daerah pemilihan, dibanding dengan Pemilu 2014 lalu partai PKB hanya memperoleh tiga kursi. Sedangkan Partai Gerindra meraih lima kursi.

Kemudian Partai PDIP meraih empat kursi, sedangkan partai Golkar di Tahun 2019 mengalami kemunduran yang sebelumnya lima kursi kini hanya mampu meraih tiga kursi. Sementara Partai NasDem yang pada Pemilu 2014 hanya meraih Dua kursi, kini di Pemilu 2019 Partai besutan Surya Palo tersebut melejit dengan perolehan empat kursi serta sekaligus partai pemenang Pemilu di Kabupaten Parimo 

Selanjutnya Partai Berkarya sebagai pendatang baru di Pemilu tahun ini, justru mampu mendulang satu kursi, demikian Partai Perindo yang sama sebagai pendatang baru meraih tiga kursi di DPRD Parimo. Dan PKS dan PAN sama-sama meraih tiga kurai demikian Partai Demokrat dan PBB masing-masing meraih dua kursi, serta PPP satu kursi, dan Hanura empat kursi.

“Namun, Tiga Partai lainnya sebagai peserta Pemilu tahun 2019 yakni PSI, Garuda dan PKPI sesuai hasil rekapitulasi tidak mendapat kursi,” jelas Chair.

Chair menambahkan, bahwa hasil dari Rapat pleno penetapan perolehan kursi dan calon terpilih anggota DPRD Parimo itu, selanjutnya akan disampaikan kepada Pemda Parimo untuk di tindaklanjuti. 

“Berdasarkan putusan MK RI pada sidang sengketa Pemilu, tidak ada PSU di Parimo,” tutupnya. (*)

Reporter: Zoel Fahry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here