Home Palu

Tiap Tiga Bulan, Warbin Kerja Luar Dievaluasi

183
Karutan Palu, Nanang. (Foto: Arwansyah/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Selain berada di dalam Rutan, sebagian Warga Binaan (Warbin) Rutan Palu bekerja di luar Rumah Tahanan (Rutan). Kesempatan untuk bekerja di luar Rutan ini diberikan kepada Warga Binaan (Warbin)  yang dinilai ‘layak’ berdasarkan evaluasi yang dilakukan pihak Rutan.

“ Kitakan di dalam (di Rutan Palu , red) ada Tim Pemasyarakatan, Tim Pengamat atau juga Tim Asesment-nya. Setiap tiga bulan Warbin yang bekerja di luar itu kita evaluasi,” ujar Nanang Karutan Palu, Rabu, 7 Agustus 2019.

Sebelum bekerja di luar Rutan, Warbin pilihan ini juga dibekali dengan pengetahuan  dan pemahaman tentang hak dan kewajibannya. Apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama berada di luar Rutan. Termasuk konsekwensi yang ditanggung bila melakukan pelanggaran atau melanggar ketentuan-ketentuan yang ada.

Dari evaluasi yang dilakukan setiap tiga bulan tersebut, Tim menentukan apakah ada Warbin yang ditarik/dikembalikan ke dalam Rutan. Bahkan, kata dia, terhadap Warbin yang bekerja di luar Rutan tersebut  secara insidentil juga dilakukan test urine.

“Ini sebagai antisipasi bagi Warbin yang bekerja di luar itu. Kalau terbukti menggunakan Narkoba kita tarik. Ini adalah salah satu bentuk pengawasan yang kita lakukan,” ungkapnya.

Dan dari hasil beberapa kali dilakukan tes urine secara insidentil tersebut, sejauh ini belum ada Warbin yang bekerja di luar Rutan  terbukti menggunakan Narkoba.

“Alhamdulillah, belum ada yang terbukti. Ini  berkat kesadaran  mereka, dan mungkin juga karena pengawasan secara intensif yang kami lakukan,” ungkapnya.

Reporter: Arwansyah
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas