Home Sulteng Pemkab Touna, Gelar Tanam Padi di Lahan Cetak Sawah Baru

Pemkab Touna, Gelar Tanam Padi di Lahan Cetak Sawah Baru

144
Bupati Touna, Mohammad Lahay SE, MM, didampingi Forkompimda Kabupaten Touna, saat pelaksaan taman padi di lahan cetak sawah baru. (Foto: Dok Humas Pemkab Touna)

Touna,  Metrosulawesi.id  – Dalam mewujudkan visi-misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una pada RPJMD 2016-2021, khususnya sektor pertanian, Bupati Mohammad Lahay SE, MM, bersama Ketua TP-PKK Ibu Femi Luter Lahay SKM, melaksanakan penanaman perdana padi di lahan cetak sawah baru di Desa Bambalo, Kecamatan Tojo Barat, Kamis 08 Agustus 2019.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Ir. Muhammad Nur Rahmat Lahay,   menyampaikan  laporannya, kegiatsn  ini terlaksana atas kerjasama Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan Kabupaten Touna,  TNI dan kelompok tani mayarakat Kecamatan Tojo Barat.

“Saat ini kebutuhan beras masyarakat  Tojo Una-Una pertahun sebanyak 20.000 ton/tahun dan yang tersedia hasil panen petani 7.000 ton/tahun devisit 13.000 ton/tahun,  olehnya tahun 2019 pemerintah daerah mencetak sawah baru sebanyak 150 hektar, itupun belum cukup kebutuhan masyarakat,” ucapnya.

“Untuk itu kita perlu mendorong  tanam padi di lahan kering minimal 10.000 Ha untuk kebutuhan pangan di touna. Untuk varietas padi alhamdulillah kita memiliki 4 varietas yg telah bersertifikat dan ditanam di luar Touna  tetap berlebel varietas Touna,” tambah Rahmat Lahay.

Sementara itu, Dandim 1307/Poso, Letkol Inf Catur Sutoyo, SE, mengatakan  pembangunan sektor pertanian sebagai pintu masuk  mengatasi kemiskinan dan mengatasi ketimpangan wilayah maupun kesenjangan yang kaya dan miskin  untuk mewujudkan kesejahteraan bersama. 

“Sejak 2015  TNI AD telah terlibat UPSUS PAJALA dan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Privinsi maupun Kab/kota. Olehnya kepada Jajaran TNI dan Dinas terkait untuk proaktif dan kreatif mengajak masyarakat untuk mensukseskan swasembada pangan,” ucap Catur Sutoyo.

Bupati Tojo Una-Una, Mohammad Lahay SE, MM, dalam kesempastan itu juga mengatakan, pihaknya bersyukur dan bangga bahwa  dari 34 provinsi,  hanya 4 provinsi yang mengekspor jagung yakni, NTB,  Sulsel, Gorontalo dan  Sulteng yang pusat ekspor di Tojo Una-Una,  yang sempat didatangi Menteri Pertanian saat ekspor jagung ke Philipina.

Dalam kesempatan itu juga, Bupati menyerahkan bantuan masing-masing kepada kelompok Tani UPJA Tadole desa Kabalo berupa Hand Traktor Zeva G 3000,   UPJA Samba’a Raya desa Bambalo diberikan Hand Traktor Zeva G 3000 dan Power Threser Multiguna Kubota MT 1500 dan UPJA Mokole desa Ujung Tibu diserahkan Alat Pemipil Jagung Gunung Biru dan beni padi serta bibit. (*)

Reporter: Djunaedi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here