Home Hukum & Kriminal Jaksa Siap Dalami Proyek Mess Guru SMP 6 Bilo

Jaksa Siap Dalami Proyek Mess Guru SMP 6 Bilo

123
Pekerjaan pembangunan mess guru yang menghabiskan dana APBN hampir Rp 300 juta di SMP 6 Bilo Kecamatan Ogodeide tahun 2018. (Foto: Acco Amir/ Metrosulawesi)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – Kepala Cabang Kejaksaan Negeri Tolitoli ( Kacabjari) wilayah Kecamatan Dampal Utara Cahyadi SH siap mendalami kasus mangkraknya pekerjaan pembangunan mess guru yang menghabiskan dana APBN hampir Rp 300 juta di SMP 6 Bilo Kecamatan Ogodeide tahun 2018.  Namun, saat ini sedang fokus merampungkan perkara Kades Lais Kecamatan Dondo terkait kasus penggunaan dana desa. 

“Setelah kasus Kades Lais selesai kita limpahkan, selanjutnya kita akan memproses kasus pembangunan mess guru di SMP 6 Bilo,” jelasnya saat ditemui belum lama ini. 

Kasi SMP pada Dinas Pendidikan Kabupaten Tolitoli Hayatullah menyebut jika pembangunan mess guru dan siswa  di SMP 6 Bilo Kecamatan Ogodeide bersumber dari Bantuan Pemerintah (Bantah) tahun 2018 itu  memang sedang dalam masalah dan belum rampung dikerja sampai sekarang.

Namun kata Ayatullah kegiatan tersebut sama sekali tidak dalam kewenangannya dan bukan menjadi tanggung jawabnya. Proyek swakelola itu ditangani langsung oleh pusat serta dalam dalam pengawasan TP4D Kejaksaan.  Semua pekerjaan fisiknya  dikerjakan oleh pihak sekolah sehingga itu menjadi tanggung jawab Ismail kala itu masih menjadi kepsek di sana. 

” Itu proyek swakelola, dananya ditransfer dari pusat dalam dua tahap ke rekening sekolah jadi saya tidak punya kewenangan mencampuri atas apa yang terjadi dengan pekerjaaan di sana,” jelasnya.

Lebih jauh dikatakan jika proyek tersebut juga masuk dalam pengawasan TP4D Kejaksaan.

 Lain halnya diutarakan LSM Bumi Bakti Ahmad Pombang belum lama ini menyebutkan  proyek Bantah itu telah  mangkrak. Sebab kalau melihat kondisi bangunan tersebut sangat memperihatinkan dan kalau dibiarkan terus menerus dalam ke adaan tidak diatapi seperti itu, bangunan bisa rusak dan tidak dapat di manfaatkan oleh guru.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here