Home Pendidikan

Irwan: Jangan Main-main dengan Dana BOS

746
Irwan Lahace. (Foto: Metrosulawesi/ Moh Fadel)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Sulteng Irwan Lahace menyayangkan penyalahgunaan dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) di Kabupaten Morowali Utara (Morut).

“Saya sudah sering ingatkan dalam setiap pertemuan agar kepala sekolah dan guru-guru jangan main-main dengan penggunaan dana BOS,” ujar Irwan di Palu, Kamis, 25 Juli 2019.

Seperti diketahui, Kejaksaan Tinggi (Kejati) menetapkan satu orang tersangka inisial R terkait dugaan penyalahgunaan dana BOS di Kabupaten Morut. Kejati Sulteng saat ini terus melakukan pendalaman dan memeriksa sejumlah saksi dugaan penyalahgunaan dana bantuan sekolah tersebut.

Dana BOS yang diduga disalahgunakan yaitu dana bantuan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah (SMP) serta swasta di Morut. Irwan menjelaskan, kewenangan pengelolaan dana BOS SD dan SMP menjadi kewenangan kabupaten/kota.

“Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 mengamanatkan peralihan pengelolaan dana BOS SD dan SMP menjadi kewenangan kabupaten/kota,” ungkap Irwan.

Menurut mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Sulteng itu terjadinya penyalahgunaan dana BOS faktor lemahnya pengawasan pejabat terkait. Dia menduga pengawasan dana BOS di internal Pemda Morut longgar.

Irwan secara tegas mengatakan tidak ingin lagi mendengar atau mengetahui ada penyalahgunaan dana BOS. Olehnya Ia kembali akan mengumpulkan kepala-kepala sekolah dalam waktu dekat.

“Saya mengagendakan besok akan mengumpulkan kepala sekolah di Poso dengan agenda monev dana BOS, penerimaan peserta didik baru dan pembahasan Pergub Sulteng Nomor 10,” ucapnya.

Irwan juga mengharapkan peran serta semua pihak dalam mengawasi dana BOS mulai dari LSM, Pers dan pihak terkait lainnya. Sesuai peruntukan, dana BOS harus benar-benar digunakan sebagaimana mestinya.

“Peruntukan dana BOS sudah jelas untuk 13 poin, tidak boleh ditambah-tambah lagi. Tapi hasil temuan BPK dan Inspektorat ada yang tambah-tambah, ini dilaporkan ke saya,” tandas Irwan.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas