Home Donggala Kasman Tegaskan Tak Akan Intervensi Lelang Jabatan di Pemkab Donggala

Kasman Tegaskan Tak Akan Intervensi Lelang Jabatan di Pemkab Donggala

272
SELEKSI JABATAN - Bupati Donggala, Kasman Lassa didampingi Sekdakab, Aidil Nur, kepala BKPSDM Abdullah Lahinta (kanan) dan Ketua DPRD Aziz rauf (kiri) pada pembukaan Seleksi lelang jabatan di Palu, Rabu 10 Juli 2019. (Foto: Lili/ Humas)

Donggala, Metrosulawesi.id – Bupati Donggala, Kasman Lassa membuka Seleksi Terbuka Jabatan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala di salah satu hotel di Palu, Rabu 10 Juli 2019.

Di hadapan tamu undangan dan calon kadis (kepala dinas), Kasman Lassa menegaskan tidak akan mengintervensi proses lelang jabatan tersebut. Bahkan katanya lagi, dari 34 peserta yang mengikuti seleksi hanya 23 orang dinyatakan berhak mengikuti ke tahap selanjutnya.

“Secara administrasi pansel (panitia seleksi) sudah bekerja maksimal sesuai aturan yang berlaku, dan tak ada intervensi dari pihak manapun dan dari siapa pun. Ini sudah sesuai dengan ketentuan yang ada,” kata Kasman.

Bupati Kasman juga menyampaikan kepada para calon kadis menjadi pejabat yang perlu diingat, adalah loyalitas dan mental. Selalu koordinasi kepada pimpinan karena kita adalah sistem. Segala sesuatu dan sekecil apa pun itu harus koordinasi dan konsultasi dengan pimpinan agar pada saat pengambilan keputusan tepat sasaran.

“Seleksi pada hakekatnya adalah mencari calon-calon terbaik. Namun kemudian akan disaring kembali untuk mencari calon terbaik dari yang terbaik. Tujuan dari sebuah seleksi memang selayaknya adalah promosi. Namun lebih dari pada itu, seleksi pada hakekatnya dapat dijadikan sebagai media pembelajaran, diskusi dan pengembangan diri dan kelompok,” pesannya.

Sementara itu Sekdakab, Aidil Nur, selaku ketua pansel lelang jabatan melaporkan, dasar pelaksanaan kegiatan lelang jabatan adalah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah serta Keputusan Bupati DonggalaNomor 188.45/0314/BKPSDM Tanggal 13 Mei 2019 tentang pembukaan sekretariat panitia seleksi terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala Tahun 2019.

“Kegiatan seleksi ini direncanakan selama dua hari dari tanggal 10 sampai dengan tanggal 12 Juli 2019. Untuk uji kompotensi bidang (teknis) akan dilaksanakan dari tanggal 15 sampai dengan tanggal 16 Juli 2019. Untuk peserta seleksi adalah mereka yang dinyatakan telah memenuhi syarat secara administrasi dalam seleksi administrasi dan seleksi berkas, hingga dapat mengikuti tahapan berikutnya yaitu uji kompotensi (Assesment Kompotensi),” tuturnya.

“Jumlah pendaftar (calon peserta) yang telah memasukkan berkas dan persyaratan administratif kepada panitia seleksi melalui sekretariat berjumlah 34 berkas, yang berasal dari pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Donggala dan Pemerintah Daerah Kabupaten lain di Lingkup Provinsi Sulawesi Tengah. Dari hasil penilaian dan pemeriksaan berkas serta persyaratan administrasi calon peserta dinyatakan 23 orang calon peserta memenuhi syarat,” tutupnya.

Pada kegiatan pembukaan seleksi lelang jabatan tersebut turut hadir Ketua DPRD Kabupaten Donggala, Aziz Rauf, Asisten Bidang Perekonomian dan PembangunanH. Gosal Syah Ramli, Wakapolres Kabupaten Donggala, Pimpinan OPD Kabupaten Donggala dan Tim Assesor UPT Pengujian dan Penilaian Kompotensi Pegawai pada Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sulteng.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here