Home Buol Kakanwil Resmikan PTSP Kemenag Buol

Kakanwil Resmikan PTSP Kemenag Buol

118
Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng Rusman Langke meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Kabupaten Buol, Kamis, 11 Juli 2019. (Foto: Humas Kanwil Kemenag Sulteng)

Buol, Metrosulawesi.id – Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulteng Rusman Langke meresmikan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kemenag Kabupaten Buol, Kamis, 11 Juli 2019.

Rusman mengungkapkan PTSP merupakan wujud Reformasi Birokrasi Pemerintahan dalam mewujudkan Good Government dan Good Governance Kementerian Agama khususnya di lingkungan Kanwil Kemenag Sulteng.

“Dalam mewujudkan Reformasi Birokrasi tersebut, mencakup 3 aspek utama yaitu, Kelembagaan (organisasi), Ketatalaksanaan, dan peningkatan SDM Aparatur. PTSP dilaksanakan sesuai amanat Peraturan Menteri Agama (PMA) Nomor 65 Tahun 2016 tentang Pelayanan terpadu pada Kementerian Agama dan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 90 Tahun 2018 tentang Petunjuk Pelaksanaan Penyelenggaran Pelayanan Terpadu (PTSP) Kementerian Agama,” jelas Rusman.

Menurut Rusman, PTSP dilaksanakan dengan tujuan untuk mewujudkan proses pelayanan yang cepat, mudah, transparan, terukur sesuai dengan standar yang telah ditetapkan, dan memberikan pelayanan yang prima, akuntabel, dan anti korupsi, kolusi, nepotisme.

“Sehingga diharapkan keberadaan PTSP dapat memberikan pelayanan yang memudahkan dan membantu masyarakat. Semoga PTSP Kemenag Kabupaten Buol dapat berfungsi maksimal dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai tujuan diadakannya PTSP,” ujarnya.

Kata dia, dari 13 Kemenag Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tengah, sebelumnya Kakanwil telah meresmikan dua PTSP Kemenag Kab. Poso dan Kemenag Kab. Banggai, dan PTSP Kemenag Kab. Buol merupakan kali ketiga yang diresmikan.

Sementara itu Wakil Bupati Kab Buol Abdullah Batalipu menyambut baik dan memberikan apresiasi pada Kemenag Buol. Dengan keberadaan PTSP, Wabup berharap agar adanya PTSP, Kemenag dapat berkomitmen dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

“Kami berharap adanya PTSP, dapat melayani masyarakat dengan lebih baik dari sebelumnya, karena PTSP adalah salah satu program pemerintah dalam peningkatan pelayanan publik, memangkas birokrasi pelayanan yang dianggap sebagian masyarakat selalu berbelit-belit dan sulit, membutuhkan waktu dan biaya,” katanya.

Abdullah berharap PTSP ini dapat dilandasi dengan niat yang mulia, untuk mempermudah dan melayani urusan masyarakat.

“Kita percaya dengan sepenuh hati, bahwa Allah akan mempermudah urusan orang yang mempermudah urusan sesamanya,” ungkapnya.

Sebelum menggunting pita sebagai tanda dimulainya PTSP, Kakanwil menandatangani prasasti PTSP Kemenag Buol disaksikan Wakil Bupati Buol, Abdullah Batalipu, Kepala Kankemenag Kab. Buol, Nadjamuddin dan Kepala Bidang Bimas Islam, Muhammad Ramli. Hadir pula dalam acara ini wakil Bupati Buol, Abdullah Batalipu, dan seluruh Forkopimda Kab. Buol, Pejabat dan ASN Kemenag Buol dan berbagai unsur masyarakat.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here