Home Palu HUT ke-19 IAD, Ragam Lomba Digelar Pererat Silaturahmi

HUT ke-19 IAD, Ragam Lomba Digelar Pererat Silaturahmi

105
FOTO BERSAMA - Sesi foto bersama setelah menggelar kegiatan lomba bagi anak usia 6-12 tahun yang dilaksanakan di Kejaksaan Tinggi Sulteng. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-19 Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) yang akan dilaksanakan 21 Juli mendatang, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah menggelar ragam lomba.

Wakil Ketua IAD Wilayah Sulteng, Lilliea Sapta Subroto mengungkapkan, kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi dan menjaga kekompakan anggota. Selain mengadakan lomba, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulawesi Tengah juga akan menggelar bakti sosial.

“Ini salah satu cara agar anggota IAD bisa langsung terjun ke masyarakat dan peduli dengan sesama, dan tentunya juga bertujuan untuk menjaga kelompokan antar anggota IAD. Kami juga akan melaksanakan khitanan massal bagi 75 anak, berkunjung ke keluarga purna bakti Adhyaksa Dharmakarini, serta berziarah ke Taman Makam Pahlawan,” ungkapnya di Palu, Kamis 11 Juli 2019.

Ragam lomba dilaksanakan dalam kegiatan ini yakni lomba mewarnai, menyusun parcel hingga membaca surah pendek Al Quran yang diikuti oleh anak usia 6-12 tahun, Lomba Berpacu Dalam Melodi bagi ibu-ibu akan diselenggarakan 17 Juli mendatang dan akan dilaksanakan di kantor Kejaksaan Tinggi Sulteng Jalan Samratulangi Kota Palu.

“Jumlah anak yang mengikuti lomba tersebut sebanyak 53 orang. Sebelumnya, kami menggelar jalan santai sejauh 3 km, dilanjutkan dengan senam bersama pegawai dan keluarga besar IAD serta Kejaksaan Tinggi Sulteng,” terangnya.

Kata dia, lomba mewarnai hingga pembacaan surah pendek Al Quran tersebut bertujuan untuk memberikan ruang bagi anak mengembangkan kreatifitas.

Lilliea  menjelaskan, Ikatan Adhyaksa Dharmakarini yang selanjutnya disingkat IAD adalah suatu wadah organisasi istri pegawai, pegawai perempuan, pensiunan pegawai perempuan, dan istri pensiunan atau janda pegawai Kejaksaan Republik Indonesia.

IAD dimaksudkan untuk membantu pemerintah dalam pembinaan dan peningkatan kualitas diri para istri pegawai Kejaksaan agar tampil cerdas, terampil dan menjunjung tinggi harkat dan martabat serta keluhuran bangsa dan budaya Indonesia.

Seiring dengan perkembangan zaman serta makin banyaknya jumlah anggota, maka diperlukan suatu wadah profesional yang dapat mengakomodir semua cita-cita luhur tersebut. Dengan berbekal Surat Keputusan Jaksa Agung RI Tanggal 28 Nopember 2007 Nomor : KEP-124/A/JA/11/2007 tentang Pengukuhan Organisasi Adhyaksa Dharmakarini Kejaksaan RI, setahun kemudian IAD disahkan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Nomor : AHU-103.AH.01.06 Tahun 2008 tentang Pengesahan Ikatan dan diumumkan di Tambahan Berita Negara No. 9 tanggal 30 Januari 2009.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here