Home Ekonomi Taspen Salurkan Dana PKBL Rp300 Juta Bagi 10 UKM

Taspen Salurkan Dana PKBL Rp300 Juta Bagi 10 UKM

55
Hendra. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – PT Taspen (Persero) sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melaksanakan program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL) di tahun ini melalui penyaluran kredit mikro senilai Rp300 juta bagi 10 usaha kecil menengah (UKM).

Pimpinan PT Taspen Cabang Palu, Hendra menjelaskan sasaran peminjam kredit murah tersebut tidak hanya diperuntukkan bagi PNS dan pensiunan PNS saja, namun masyarakat biasa yang memenuhi persyaratan juga dapat menggunakan pinjaman kredit murah yang dapat diangsur paling lama selama 3 tahun.

“Semua lapisan masyarakat bisa gunakan program ini. Namun yang perlu diingat, dana ini dana bergulir bukan dana hibah, dana ini bersifat pinjaman lunak dimana bunga di bawah bunga pasar,” katanya, Selasa (9/7/2019).

Ia mengimbau kepada masyarakat yang berminat untuk menggunakan kredit mikro tersebut, syarat yang harus dipenuhi antara lain, dokumentasi usaha, izin usaha, dan jika pengajuan kredit di atas Rp10 juta harus disertai dengan agunan.

“Saya harap dengan adanya program kemitraan dan bina lingkungan tersebut, dapat bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan para pengusaha UMKM,” harapnya.

Menurutnya, dana pinjaman tersebut disesuaikan dengan program pemerintah, perusahaan BUMN harus dapat memberdayakan sektor industri kecil agar dapat mengangkat perekonomiannya sendiri.

“Rata-rata bervariatif pinjaman modal usaha ada Rp50 juta, Rp30 juta dan Rp25 Juta. Kelebihan dari program ini perhitungan bunga sekitar 3% per tahun. Ini sebagai bentuk kepedulian dan pengabdian kepada masyarakat,” tuturnya.

PKBL adalah bentuk tanggung jawab Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada masyarakat. PKBL dilaksanakan dengan dasar UU No.19 tahun 2003 ttg BUMN serta Peraturan Menteri BUMN No. Per-05/MBU/2007 yang menyatakan maksud dan tujuan pendirian BUMN tidak hanya mengejar keuntungan melainkan turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

PKBL merupakan Program Pembinaan Usaha Kecil dan pemberdayaan kondisi lingkungan oleh BUMN melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN.

Reporter: Fikri Alihana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here