Home Donggala Bantuan Kompor Tertahan di Dinsos

Bantuan Kompor Tertahan di Dinsos

540
KELUHKAN BANTUAN - Puluhan pengungsi yang tinggal di hunian sementara yang berada di kelurahan Gunung Bale Kecamatan Banawa mendatangi Kantor Dinas Sosial Donggala, Selasa 9 Juli 2019. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Donggala, Metrosulawesi.id – Puluhan Warga Huntara Kelurahan Gunung Bale Kecamatan Banawa mendatangi kantor Dinas Sosial Donggala, Selasa 9 Juli 2019.

“Kami tidak anarkis. Kedatangan kami hanya menanyakan persoalan nasib pengungsi yang sudah mendiami huntara,” kata Abdullah Yahya yang memimpin aksi unjukrasa tersebut. Mereka diterima Kabid Bantuan Sosial Nizma.

Fatima, salah satu yang ikut dalam demo itu mempertanyakan bantuan perlengkapan dapur, berupa kompor gas untuk pengunsi. Sampai saat ini kompor tersebut belum diserahkan Dinas Sosial ke pengungsi. Padahal menurutunya, bantuan perlengkapan masak itu sudah berada di Dinas Sosial Kabupaten Donggala.

“Beberapa bulan kemarin saya sementara memasak, tiba-tiba ada petugas dari Dinsos Provinsi bertanya ke kami. Kenapa pakai kompor kecil untuk masak? Semua peralatan masak, Dinsos Provinsi sudah salurkan ke Dinsos kabupaten untuk dibagi ke pengunsi. Jadi saya jawab, belum dibagi oleh Dinsos kabupaten” kata Fatima.

Aziz penghuni Blok E yang juga ikut demo mengeluhkan dapur umum yang tidak berfungsi lagi karena kekurangan fasilitas, harusnya Dinsos tidak menunggu sampai penghuni huntara full terisi.

“Dinsos selalu berasalan menunggu penghuni huntara penuh. Saya tanya ke ibu apa pernah melihat kondisi kami di huntara? Kami menginginkan yang ada saja dibantu, untuk apa dapur umum tapi tidak difungsikan,” sesalnya.

Menjawab keluhkan pengungsi itu, Kabid Bantuan Sosial, Nizama menjelaskan bahawa persoalan perlengkapan dapur memang masih berada di gudang dan belum disalurkan, dikarenakan persoalan aturan. Salah satunya persoalan data pengungsi yang ada di huntara belum valid. Olehnya kata Nizama lagi, dalam beberapa hari kedepan ia akan menugaskan anggotanya untuk mendata kembali sekaligus membagikan kompor gas tersebut.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here