Home Politik Fokus Pemulihan Pascabencana

Fokus Pemulihan Pascabencana

51
WAGUB TERPILIH - Rusli Baco Dg Palabbi (kanan) langsung menyalami anggota DPRD Sulteng usai penghitungan pemilihan wakil gubernur (Pilwagub) Sulteng di gedung DPRD Sulteng yang memenangkan dirinya, Senin 8 Juli 2019. (Foto: Djunaedi/ Metrosulawesi)
  • Rusli Baco Dg Palabbi Menangkan Wagub Sulteng

Palu, Metrosulawesi.id – Rusli Baco Dg Palabbi menang telak dalam pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tengah (Sulteng) di DPRD Sulteng, Senin 8 Juli 2019. Dari 43 anggota DPRD Sulteng yang menggunakan hak suaranya, Rusli Palabbi meraih 35 suara, sementara lawannya Andi Mansur Pasande hanya memperoleh delapan suara.

Kemenangan Rusli Palabbi tidak berbeda dengan prediksi awal, dimana Rusli diyakini menang dengan perolehan suara di atas 30. Kemenangan Rusli Palabbi disambut gembira pendukungnya yang hadir saat sidang paripurna.

Meskipun menang telak, Rusli menyikapinya dengan bersyukur. Sebagai Wagub terpilih, Rusli menyadari banyak tugas yang harus dijalankan dalam mendampingi Longki Djanggola hingga Maret 2021.

Salah satu fokus kerja Rusli Palabbi di sisa masa jabatannya, yakni penanganan bencana. Wagub mesti banyak turun ke lapangan untuk memastikan penangan bencana sesuai dengan kebijakan pemerintah.

“Saya tentunya bersyukur atas kepercayaan ini. Banyak yang mesti dilakukan Wagub kedepan, utamanya berkaitan dengan bencana, Wagub harus memastikan bahwa penanganan bencana benar-benar sesuai dengan kebijakan pemerintah, khususnya Gubernur bapak Longki Djanggola,” tutur Rusli Palabbi, kepada media sesaat setelah ditetapkan sebagai Wagub terpilih.

Rusli juga tidak menyangka menang dengan telak. Kepercayaan masyarakat melalui DPRD Sulteng ini akan diwujudkan dengan kerja keras membangun Sulawesi Tengah. sebagai Wagub Rusli akan selalu bersinergi dengan Gubernur.

“Kita tahu pascabencana Gubernur cenderung hanya didampingi Sekretaris Daerah (Sekda). Kini dengan adanya Wagub, tentu ada pembagian peran sesuai dengan Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) masing-masing,” kata Sekretaris DPW PAN Sulteng ini.

Rusli juga menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Sulawesi Tengah. Sebagai Wagub terpilih, Rusli mengajak seluruh masyarakat Sulteng, khususnya DPRD Sulteng untuk lebih bersinergi lagi dalam membangun Sulteng.

“Saya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama mewujudkan visi misi pemerintah Provinsi Sulteng,” imbuhnya.

Usai pemilihan, Rusli Palabbi banyak menerima ucapan selamat dari tamu undangan yang hadir dalam sidang paripurna. Sorak gembira pendukung Rusli Palabbi juga meramaikan suasana pemilihan, utamanya saat penghitungan suara.

Saat melihat perolehan suara sudah mengungguli Mansur Pasande, Rusli Palabbi langsung sujud syukur atas kemenangannya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Sulteng, Alimuddin Paada, mengatakan hasil pemilihan Wagub di DPRD secepatnya dikirimke Gubernur untuk selanjutnya diteruskan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) guna mendapatkan surat keputusan agar pelantikan secepatnya dilaksakan.

“Besok (hari ini) berita acara kami sampaikan kepada Gubernur untuk secepatnya diteruskan kepada Mendagri untuk mendapatkan surat keputusan supaya pelantikan bisa disegerakan,” tutur Alimuddin.

Ketua Dewan Pembinan Gerindra Sulteng ini juga mengapresiasi proses pemilihan yang berjalan lancar. Semua pihak bergembira dengan dilaksanakannya pemilihan tersebut. Tugas DPRD sudah selesai, selanjutnya menunggu keputusan dari Mendagri.

Reporter: Elwin Kandabu
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here