Home Sulteng Total Bantuan Masuk Sulteng Rp102 Miliar

Total Bantuan Masuk Sulteng Rp102 Miliar

172
Ilustrasi. (Grafis: Dok Metrosulawesi)
  • Sebagian Telah Dipakai Untuk Pemulihan Pascabencana

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sulawesi Tengah Bahran mengungkapkan sebagian dana bantuan bencana untuk Sulteng yang masuk Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) telah digunakan untuk pemulihan pascabencana.

“Ada juga sebagian sementara menunggu pelaksanaan pengerjaan selesai baru dibayar,” ungkap Bahran kepada Metrosulawesi, Selasa, 2 Juli 2019.

Dia mengatakan penggunaan dana bantuan untuk pemulihan melalui sejumlah OPD seperti Dinas Bina Marga, Dinas Cipta Karya dan Dinas Dikbud Provinsi Sulteng. Sasaran pengerjaan, yaitu sarana umum diantaranya jalan, air bersih dan fasilitas pendidikan.

Total dana bantuan yang hingga saat ini mencapai Rp122 miliar dengan rincian di RKUD Sulteng Rp102 miliar dan dari rekening Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rp20 miliar.

“Dana yang masuk ke rekening BPBD sifatnya untuk tanggap darurat bersumber dari bantuan masyarakat. Sekarang ini sejak hasil audit BPK dana di BPBD telah ditarik ke RKUD, nanti dimasukkan ke APBD perubahan,” ucap Bahran.

Demikian pula sisa dana bantuan yang masih berada di RKUD akan digunakan melalui APBD perubahan tahun anggaran 2019. Dipastikan penggunaannya tetap fokus untuk pemulihan sejumlah infrastruktur di daerah ini.

“Intinya penggunaan dana bantuan hanya untuk penanganan dampak bencana,” tandas Bahran.

Seperti diketahui, dana bantuan bencana untuk Sulteng datang dari berbagai pihak, salah satunya Pemerintah DKI Jakarta. Baru-baru ini, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Palu dalam rangka memantau pemanfaatan bantuan yang diberikan untuk pemulihan pascabencana di wilayah Sulteng yakni Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mendapat penjelasan pemanfaatan bantuan tersebut dari Kepala Dinas Bina Marga Sulteng Syaifullah Djafar di ruang kerja Gubernur Sulteng, Jumat, 14 Juni 2019.

Syaifullah melaporkan bantuan berupa dana hibah dari kas APBD DKI Jakarta telah masuk ke batang tubuh APBD Provinsi Sulteng dan seterusnya ke DPA Bina Marga. Dari kucuran Rp60 miliar bantuan DKI Jakarta, telah digunakan Rp24 miliar lebih saat masa tanggap darurat untuk memulihkan akses jalan poros Kalawara – Kulawi sepanjang 18 Km di Kabupaten Sigi dan jalan poros Pinembani di Donggala sepanjang 11 KM.

“Sisa dana akan dipakai untuk tahap 2 atau saat ini, yaitu tahap rehab rekon pemulihan beberapa ruas jalan di Kota Palu yang rusak karena gempa dan jalan poros lainnya yang tersisa di Sigi maupun Donggala,” ucap Syaifullah.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Udin Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here