Home Donggala

Warga Huntara Gunung Bale Krisis Air Bersih

313
Hunian sementara (Huntara) di Kelurahan Gunung Bale Kecamatan Banawa. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

  • Mobil Tangki Kekurangan Pasokan Solar dari SPBU

Donggala, Metrosulawesi.id – Penghuni hunian sementara (Huntara) di Kelurahan Gunung Bale Kecamatan Banawa kekurangan air bersih.

“Pasokan air tidak jelas datangnya, kita di sini sangat butuh air untuk kebutuhan sehari-hari, makanya minggu kemarin petugas operator tangki BPBD nyaris diamuk  warga yang menetap di huntara karena lambat menyalurkan air,” kata Nuraini, penghuni huntara blok I siang kemarin.

Pengungsi yang sebelumnya berdomisili di Kelurahan Boya ini dia bersama beberapa kepala rumah tangga yang mendiami huntara terpaksa mengambil mobil tangki di Dinas BPBD karena keterdesakan kebutuhan air bersih.

“Kami sudah berusaha baik-baik meminta ke BPBD, tapi kata mereka tidak ada solarnya mobil tangki, nah puncaknya Sabtu kemarin (29/6) warga inisiatif ambil sendiri mobil tangki itu, tapi operatornya marah-marah karena kami mengambil mobil tidak pamit,” ujarnya.

Asse. (Foto: Tamsyir Ramli/ Metrosulawesi)

Terpisah operator mobil tangki BPBD Asse yang ditemui di kantornya siang kemarin (1/7) membenarkan mobil tangki BPBD digunakan warga untuk mengisi pasokan air di huntara. Hanya saja katanya lagi kejadian pemukulan tidak terjadi seperti yang informasi yang  beredar.

“Tidak ada orang berkelahi, hanya adu mulut saja dengan warga huntara namanya Akmal. Dia (Akmal) kata katai saya dia bilang dia manusia bukan binatang yang juga butuh air. Mobil tangki itu kan tanggung jawab saya jadi saya juga harus tau kenapa mobil bisa keluar, menyangkut laporan kita lambat antar air itu juga tidak betul. Sekarang hambatannya kekurangan pasokan solar yang dijatah oleh SPBU,” jelasnya.

“Dalam satu minggu kami lakukan pengsisian air di huntara sebanyak tiga kali. Dengan dua mobil tangki, saya isi dari pagi sampai malam pak,” tuturnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas