Home Donggala Kuasa Hukum Optimis Gugatan Rp25 Miliar Dikabulkan

Kuasa Hukum Optimis Gugatan Rp25 Miliar Dikabulkan

93
Amirullah SH – Mujiza. (Foto: Tamsyir Ramli/ Ist)

Donggala, Metrosulawesi.id – Kuasa Hukum Abu Bakar Ajufri optimis akan mengalahkan Bupati Donggala Kasman Lassa dalam kasus perdata dan pidana yang telah dilaporkannya. Bentuk optimisme yang dimaksud misalnya selama proses persidangan kasus perdata kuasa hukum bupati sulit membantah argumen atau delik laporan perdata yang diajukan.

“Sudah lima kali sidang perdata, tim kuasa hukum bupati Kasman Lassa tidak mampu menyanggah laporan beserta alat bukti yang kami miliki,” kata Amirullah SH, Kamis sore (26/6).

“Di kasus perdata ini masih ada lima kali sidang, paling cepat Agustus mendatang putusan sudah ada. Bupati pasti kalah dan harus membayar ganti rugi sebesar 25 miliar sesuai pasal 1372 KUHP perdata yang isinya tuntutan perdata tentang hal penghinaan adalah bertujuan mendapat penggantian kerugian serta pemulihan dan kehormatan nama baik,” sebutnya.

Dikatakan Amirullah bentuk pelaporan di kasus perdata dibuktikannya dengan video rekaman, audio visual, serta kliping berita di media cetak. Selain sangkaan pasal 1372 KUHP, pihaknya juga menggunakan pasal 1365 KUHP perdata yang isinya tiap perbuatan melawan hukum yang membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang karena salahnya menerbitkan kerugian itu, mengganti kerugian tersebut.

“Semua berpulang pada keputusan hakim, tuntutan perdata kami atau nilai nama baik Abu Bakar Aljufri 25 miliar, nominal angka tuntutan ini bisa saja turun, intinya kami optimis menangkan kasus perdata,” tegasnya.

Disinggung progres kasus pidana umum yang juga dilaporkan Abu Bakar, Amirullah menjawab, kasus ini sudah masuk dalam tahap pemeriksaan saksi ahli pada Senin (1/7). 

“Senin ini tahap pemeriksaan saksi ahli oleh penyidik, dan dalam waktu tidak terlalu lama kasus pidum ini akan terang benderang penydik harus menaikan kasus ini ke lidik,” bebernya.

Sementara itu kuasa Hukum Bupati Donggala, Mujiza yang dikonfirmasi Minggu (29/6) melalui ponselnya mengatakan, pihaknya juga optimis menang di sengketa perdata dan berkeyakinan putusan akan berakhir di putusan sela.

“Kami sudah lakukan penyanggahan di sidang sebelumnya secara tertulis beserta eksepsi bahkan kami yakin tidak akan masuk ke pokok perkara karena gugatan penggugat tidak memenuhi syarat formil gugatan,” sebutnya.

“Tanpa mendahului putusan hakim, kami optimis menang di perkara ini, dan apa pun hasil yang diputuskan majelis hakim kami tetap patuh dan tunduk,” jawabnya.

Reporter: Tamsyir Ramli
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here