Home Palu

Blangko di Disdukcapil Palu Menipis

247
SUASANA PELAYANAN - Sejumlah warga Palu saat mengurus dokumen kependudukan di Kantor Disdukcapil Palu, Kamis, 20 Juni 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

  • Prioritas Cetak e-KTP Pemula

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Palu, Rosida Thalib mengungkapkan, Jaringan Komunikasi Data (Jarkomdat) Disdukcapil Palu mulai minggu lalu telah aktif, pencetakan e-KTP juga telah dilakukan.

“Jarkomdat kami sudah jalan dari minggu lalu dan pencetakan e-KTP juga telah dilakukan, pelayanan tetap berjalan,” ujar Farida melalui ponselnya, Senin, 1 Juli 2019.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil Kota Palu, Fajarini mengungkapkan, untuk saat ini blangko e-KTP Disdukcapil Palu mulai menipis, sehingga yang diutamakan untuk di cetak e-KTPnya adalah warga pemula, yang sama sekali belum memilki e-KTP.

“Ketersedian blangko di pusat juga masih terbatas, jika kemarin mau pemilu banyak blangkonya, mungkin sekarang di pusat masih pengadaan, sehingga kita kemarin dua kali berangkat untuk mengambil blangko hanya di kasih 500 keping blangko, karena memang hanya sedikit,” kata Fajarini.

Sehingga, kata Fajarini, Disdukcapil membuka perekaman 150 blangko cetak per hari.

“Sehingga jika dibuka 500 blangko tidak sampai satu minggu blangko sudah habis,” katanya.

“Maka dari itu pencetakan e-KTP dibatasi. Bagi yang belum memiliki sama sekali e-KTP (pemula) sudah pernah foto, kami cetakkan e-KTPnya. Tetapi kalau yang hilang atau rusak itu masih kita siapkan untuk Surat Keterangan (Suket) yang fungsinya sama dengan KTP,” ujarnya.

Menurut Fajarini, seluruh Indonesia lagi terbatas blangko e-KTP, sehingga se-Indonesia juga mengalami hal yang sama.

“Setelah pemilu kemarin ini memang ketersedian blangko di pusat minim,” ungkapnya.

Kemungkinan kata Fajarini, blangko akan tersedia selesai ABT atau anggaran perubahan.

“Olehnya bagi masyarakat yang ingin mencetak e-KTP yang hilang atau rusak, solusinya bisa dicetakkan Suket,” katanya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas