Home Nasional

12 Siswa Al Azhar Lolos OSN Tingkat Nasional

1178
FOTO BERSAMA - Siswa SMA Al Azhar Mandiri Palu saat foto bersama dengan Kepala Disdikbud Sulteng Irwan Lahace, usai acara pelapasan OSN ke Tingkat Nasional belum lama ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 12 siswa-siswi SMA dan SMP Al Azhar Mandiri Palu lolos untuk mengikuti ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional di Yogyakarta dan Manado Sulawesi Utara.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMA Al Azhar Mandiri Palu Siti Nur Wahdina mengungkapkan untuk SMA Al Azhar siswa yang mewakili Sulteng ke ajang OSN tingkat Nasional sebanyak 9 peserta didik, sementar dari SMP Al Azhar ada 3 peserta didik.

“Sembilan siswa SMA Al Azhar berhasil lolos di bidang Matematika, Fisika, Kimia, Komputer, Kebumian, Astronomi, Geografi dan Ekonomi, sementara untuk tiga siswa SMP Al Azhar lolos di bidang IPA, Matematika dan IPS,” kata Siti melalui ponselnya, Senin, 1 Juli 2019.

Siti mengatakan untuk persiapanya selama ini seperti biasa bimbingan seperti membahas meteri atau soal-soal OSN tahun-tahun sebelumnya, artinya dalam ajang ini ada silabusnya tentang materi yang diperlombakan itu kita bahas meterinya dalam bimbingan.

“Tentunya persiapan kali ini kami lebih intensif karena menuju ke tingkat Nasional, seminggu atau menjelang lomba persiapanya kami lakukan secara intensif dengan mengadakan pertemua tiap hari,” ujarnya.

Kata Siti, targetnya peserta didik dari Al Azhar Palu bisa meraih medali terbaik.

“Dengan perlombaan ini para siswa diharapkan bukan hanya target sekedar juara, tetapi para siswa di didik mempunyai jiwa sportivitas, mandiri, percaya diri serta mempunyai rasa ingin tau lebih tinggi,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah Irwan Lahace melepas sejumlah peserta didik jenjang SD, SMP dan SMA untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Nasional, yang digelar di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara dan Daerah Istimewa Yogyakarta, pada tanggal 30 Juni hingga 6 Juli 2019.

Irwan menitipkan pesan kepada peserta OSN agar mempersiapkan mental, karena di dalam perlombaan pasti ada yang kalah dan menang. Para siswa yang mewakili Sulteng diharapkan bisa berbicara di kanca nasional.

“Para peserta tidak perlu terlalu tegang atau stres dalam mengikuti perlombaan, maka dari itu para pelatih harus memahami anak didiknya, tidak boleh dipaksakan sebab kemampuan manusia itu sudah ada batasnya,” ujarnya.

Kemudian kata Irwan, perbanyaklah berdoa bagi yang muslim wajib Sholat, kemudian agama lainya juga seperti itu wajib ibadah, agar ketika mengikuti lomba berjalan dengan lancar.

“Tujuan dari perlombaan ini dapat memperkuat NKRI, sebab dipertemukan semua anak bangsa di dalam satu wadah yakni ajang OSN. Saya juga berharap jika telah selesai bertanding mungkin para peserta ada waktu untuk jalan-jalan ke sekolah-sekolah unggulan untuk anjang sana, melihat bagaimana proses belajar mengajar mereka,” ujarnya.

Irwan yakin dan percaya para peserta OSN dari Sulteng pasti bisa meraih yang terbaik.

Reporter: Moh Fadel

Ayo tulis komentar cerdas