Home Ekonomi

Miras dan Rokok Ilegal Rugikan Negara Rp2 M

245
Petugas Bea Cukai Palu memperlihatkan sejumlah barang bukti barang ilegal sebelum pemusnahan di Kantor Bea Cukai Palu di Pantoloan, Rabu (26/6/2019). (Foto: Dok Bea Cukai Palu)

  • Bercukai Palsu

Palu, Metrosulawesi.id – Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Pantoloan berhasil menyita dan memusnahkan Barang Milik Negara (BMN), yang dapat merugikan negara senilai Rp2,3 miliar lebih pada Rabu (26/6/2019) di KPPBC TMP C Pantoload. Barang tersebut berupa minuman keras (Miras) dan tembakau.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai TMP C Pantoloan Moh. Madjid mengatakan bahwa penindakan dilakukan selama 32 kali sepanjang tahun 2018, berupa berupa Hasil Tembakau (rokok) dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) dalam negeri, yang berjumlah 380.460 batang rokok ilegal dan 86.987 botol MMEA.

“ini harus ditangkap dan dimusnahkan karena sudah merugikan negara hingga Rp2 Miliar,” tegas Madjid.

Menurutnya, jenis kesalahan yang terjadi pada saat penindakan Barang Kena Cukai tersebut yaitu, pelekatan pita cukai salah personalisasi, pelekatan pita cukai palsu, tidak dilekati pita cukai (polos) dan menggunakan pita cukai yang bukan haknya dengan perkiraan nilai barang sejumlah Rp2,3 miliar dan potensi kerugian negara sejumlah Rp 2,2 miliar.

Barang Kena Cukai (BKC) yang dimusnahkan ini berasal dari hasil penindakan diwilayah Pantai Timur sampai Moutong, Pantai Barat sampai Buol, Donggala, Pasangkayu, Sigi Biromaru, Palolo, Kulawi, dan Wilayah Kota Palu. (*/ptr)

Reporter: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas