Home Palu

Pelajar dan Mahasiswa Dilatih Buat Film Dokumen

175
Para pelajar dan mahasiswa di Kota Palu mendengarkan pemaparan materi dari narasumber kegiatan pelatihan pembuatan film dokumen, Selasa 25 Juni 2019. (Foto: Syahril Hantono/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – UPT Taman Budaya dan Museum Provisi Sulteng menggelar pelatihan pembuatan film dokumen, Selasa 25 Juni 2019. Kegiatan itu diikuti puluhan orang terdiri dari unsur pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum.

Staf Ahli Gubernur Hj Siti Norma Mardjanu dalam sambutannya membuka pelatihan itu mengatakan, anggapan masyarakat bahwa fungsi film hanya sebagai hiburan.

”Padahal fungsi lainnya sebuah film adalah sebagai media informatif, edukatif, dan persuasif,” kata Norma Mardjanu.

Karena itu, lanjutnya, film Indonesia dapat berfungsi sebagai media edukatif untuk pembinaan nation and aharacter building.

”Saya menilai kegiatan pelatihan pembuatan film dokumen sangat tepat, karena saat ini publik sangat membutuhkan informasi yang benar terjadi dalam sejarah kebudayaan bangsa Indonesia dari masa lampau hingga saat ini, untuk dapat membangun karakter bangsa Indonesia,” katanya.

Norma mengatakan, pemerintah memberi ruang kepada masyarakat khususnya pelajar dan mahasiswa menjadi seorang sineas melalui pelatihan-pelatihan secara berkala.

”Pemerintah mendorong UPT Taman Budaya dan Museum untuk memaksimalkan salah satu tugas pokok dan fungsinya yakni memberikan ruang kepada masyarakat untuk berkreasi dalam seni film.”

Reporter: Syahril Hantono

Ayo tulis komentar cerdas