Home Ekonomi

Jelang Tahun Ajaran Baru, Transaksi Gadai Meningkat 4%

201
Terlihat aktivitas pelayanan di kantor Pegadaian Cabang Talise Kota Palu. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Memasuki tahun ajaran baru 2019, transaksi gadai di masyarakat untuk kebutuhan pendidikan meningkat hingga 4 persen.

Manager Penjualan PT Pegadaian Persero Area Palu Nurmubin Husin mengatakan tingkat gadai maupun kredit konsumtif masyarakat naik sekitar Rp2 miliar. Sementara, tren gadai barang seperti emas hingga perabotan elektronik pasca Lebaran mulai bergeliat kembali.

“Untuk saat ini memang seperti tren dari tahun ke tahun lebih dominan gadai perhiasan atau skema gadai sekitar 95%. Namun, tidak menutup kemungkinan 5% masyarakat juga akan menggadaikan barang seperti Laptop, BPKB, kredit angsuran dan kredit mikro kecil,” katanya Selasa (25/6/2019).

Menurutnya, jika dibandingkan dengan saat akhir Ramadan yang cenderung menurun. Hal ini dikarenakan banyak masyarakat yang cenderung menebus barang gadaiannya. Namun, pasca lebaran ini sudah mulai terlihat meningkat kembali.

“Selain itu, meningkatnya transaksi ini juga dipicu oleh momen yang mendekati masa tahun ajaran baru sekolah pada pertengahan Juni hingga Juli mendatang. Akan ada dampaknya, walaupun tidak terlalu signifikan,” ungkapnya.

Selain karena tahun ajaran baru bagi anak sekolah, Ia mengatakan aktivitas bisnis pasca libur lebaran membuat para pelaku usaha membutuhkan modal tambahan.

“Nasabah yang butuh modal usaha dan dana pendidikan, kini mulai berdatangan lagi, diperkirakan akan terus meningkat hingga dua pekan ke depan,” ujarnya.

Ia menginformasikan tren tebus usai Lebaran menurun dibanding saat jelang Idul Fitri beberapa waktu lalu. Tren tebus emas memang sudah menjadi kebiasaan banyak dilakukan nasabah jelang Lebaran agar barangnya bisa digunakan saat Lebaran.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

Ayo tulis komentar cerdas