Home Pendidikan

SMKN 1 Tolitoli Diguyur Rp 1,9 Miliar

297
Pembangunan beberapa gedung baru SMKN 1 Tolitoli setelah menerima dana Rp1,9 miliar dari pemerintah pusat. (Foto: Acco Amir/ Metrosulawesi)

Tolitoli, Metrosulawesi.id – SMKN 1 Tolitoli tahun ini mendapatkan kucuran dana revitalisasi dari Kementerian Pendidikan Pusat senilai Rp. 1,9 miliar. Dana tersebut diperuntukkan untuk beberapa item pembangunan gedung baru dan rehabilitasi sebagian ruang kelas belajar di sekolah tersebut. 

Kepala SMKN 1 Tolitoli Mudasir Hadjidje.S.Pd ditemui Senin (24/6/19) membenarkan adanya bantuan dana revitalisasi dari pusat untuk beberapa item pekerjaan fisik di sekolah yang dipimpinnya.Dikatakan permohonan  dana tersebut sejak tahun lalu diusulkan namun nanti tahun 2019 dana tersebut direalisasikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Adapun penggunaan dana tersebut dipakai untuk membangun gedung laboratorium,gedung musalah, gedung praktik, gedung perpustakaan, gedung pos penjagaan dan sebagian merehabilitasi RKB yang lama.

“Memang dananya cukup besar tapi item pekerjaannya pun juga banyak,” jelasnya.

Dijelaskan di Sulteng hanya ada tiga sekolah yang mendapat dana revitalisasi tahun ini yaitu dua SMK di Palu dan satu di Tolitoli. Adapun syarat untuk mendapatkan kegiatan tersebut minimal sekolah harus memiliki sedikitnya seribu siswa. Dikatakan kegiatan tersebut dikerja secara swakelolah tanpa melibatkan mitra atau kontraktor luar.

Mengenai tahapan pencairan dananya dikucurkan dalam dua tahap yaitu tahap awal tujuh puluh persen dan tahap dua tiga puluh persen. Saat ini progres realisasi fisik  pekerjaan di lapangan kepala SMKN 1 Tolitoli menuturkan sudah mencapai empat puluh persen. Selain itu pihaknya terus melakukan koordinasi dengan Kabid SMA di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng terkait hasil pekerjaan di lapangan. Pihaknya juga sudah pernah bermohon untuk pendampingan TP4D  melalui Kasi Intel Kejari Tolitoli.

Reporter: Acco Amir
Editor: Syamsu Rizal

Ayo tulis komentar cerdas