Home Palu

Plat Ranmor Luar Daerah Perlu Ditertibkan

250
BUKA RAPAT - Sekertaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat Lamakarate saat membuka Rapat Tim Pembina Samsat dan Sosialisasi Samsat Online Nasional (Samolnas) oleh Tim Korlantas Polri di Wilayah Sulteng, Senin, 24 Juni 2019. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.id –  Sekertaris Daerah Provinsi Sulteng Mohamad Hidayat Lamakarate mengungkapkan saat ini masih banyak kendaraan bermotor (ranmor) di Kota Palu menggunakan plat kendaraan dari luar daerah. Akibatnya, pendapatan daerah dari sektor pajak ranmor minim.

“Kalau kita lihat masih banyak kendaraan di  Kota Palu yang tidak menggunakan plat DN. Inilah yang perlu ditertibkan,” pinta Hidayat saat membuka Rapat Tim Pembina Samsat dan Sosialisasi Samsat Online Nasional (Samolnas) oleh Tim Korlantas Polri di Wilayah Sulteng, Senin, 24 Juni 2019.

Hidayat mengakui dalam mengikuti rapat dengan pihak DPRD Sulteng, terkadang pihaknya melalui Dinas Pendapatan mendapat kritikan karena dianggap hanya memasukkan pendapatan kendaraan bermotor yang kecil, sementara kalau dilihat volume kendaraan bermotor di Palu cukup tinggi. Hal itu diyakini akibat plat ranmor yang masih banyak dari luar daerah.

Olehnya dengan adanya sistem pelayanan secara on line, dia berharap program penginputan data dan sistem transaksi dipermudah agar masyarakat dapat mengakses-nya secara cepat. Hidayat yang juga Ketua Umum Tim Pembina Samsat menjelaskan maksud dan tujuan sistem Samolnas yang diberlakukan untuk memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dan juga sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan asli daerah. Adapun tujuan dilaksanakannya rapat untuk menyamakan persepsi dalam pengelolaan Samsat.

Hal senada disampaikan Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Iwan Setiawan yang mengatakan pelayanan secara on-line diberlakukan sebagai upaya menjawab tuntutan masyarakat terkait pelayanan publik secara cepat. Untuk itulah pihak Korlantas melakukan inovasi dalam sistem pelayanan publik dengan cara online.

“Dengan sistem online diharapkan dapat memudahkan pelayanan pembayaran, kapan saja tanpa harus datang ke kantor Samsat,” ucap Kombes Iwan Setiawan.

Pengembangan Samolnas merupakan program prioritas Korlantas Polri dalam hal pelayanan pembayaran PKB, SWDKLLJ dan pengesahan STNK tahunan secara elektronik. Rapat Tim Pembina Samsat dan Sosialisasi Samsat Online Nasional diikuti 85 orang peserta yang terdiri dari para pimpinan Samsat, UPTD Badan Pendapatan Daerah, Kasatlantas, Pimpinan Perbankan serta pihak terkait lainnya. (mic/*)

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas