Home Politik Lusa, Wagub Sulteng Dipilih

Lusa, Wagub Sulteng Dipilih

223
CALON WAGUB - Rusli Dg Palabbi (kiri) dan Andi Mansur Pasande keduanya sebagai calon wakil gubernur Sulteng, usai mengikuti penetepan mereka di DPRD Sulteng, Senin 27 Mei 2019. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Sulawesi Tengah (Sulteng) menetapkan jadwal pemilihan Wagub Sulteng pada Kamis, 27 Juni 2019. Penetapan itu sesaat setelah Rusli Dg Palabbi menyerahkan surat persetujuan mundur Rusli Dg Palabbi dari jabatan anggota DPRD Sulteng kepada pimpinan DPRD Sulteng.

“Sesuai rapat Banmus, pemilihan Wagub ditetapkan pada Kamis, 27 Juni 2019. Dengan penetapan ini Panitia Pemilihan (Panlih) segera menyusun teknis pelaksaan pemungutan suara,” tutur Wakil Ketua DPRD Sulteng, Alimuddin Paada, saat rapat paripurna Senin, 24 Juni 2019.

Usai rapat paripurna, DPRD Sulteng langsung menggelar rapat Panlih menyusun teknis pelaksanaan pemilihan. Rapat yang dipimpin Wakil Ketua II DPRD Sulteng, Akram Kamaruddin, sempat berdebat soal kehadiran Gubernur saat hari pencoblosan.

Pasalnya, beberapa usulan anggota dewan agar perlu meminta konfirmasi Gubernur atas kehadirannya pada hari pemilihan. Hal dimaksudnya sebagai etika politik, mengingat yang dipilih nanti adalah pendamping gubernur.

“Meskipun tidak ada aturan yang mengharuskan, tetapi sebagai etika ketimuran kita, sebaiknya kita meminta konfirmasi pak Gubernur untuk kehadirannya saat pemilihan nanti. Mungkin saja dalam komunikasi dengan pak Gubernur ada yang menjadi permintaan pak Gubernur,” tutur Nur Dg Rahmatu, anggota Panlih.

Apa yang menjadi usulan itu, kemudian ditanggapi oleh Suprapto Dg Situru. Menurutnya, apa yang sudah ditetapkan Banmus tidak perlu meminta konfirmasi Gubernur apalagi harus mengakomodir permintaan Gubernur.

“Panitia cukup memberikan undangan atau pemberitahuan kepada pak Gubenur, pemilihan tetap dilaksanakan pada 27 Juni 2019. Karena sedari awal, pak Gubernur juga yang mengingkan agar pemilihan Wagub secepatnya dilaksanakan,” ujar Suprapto.

Meskipun terjadi perdebatan, akhirnya disepakati pemilihan tetap dilaksanakan ada atau tidak ada Gubernur. Panitia cukup memberikan undangan sekaligus pemberitahuan kepada Gubernur, bahwa 27 Juni 2019 merupakan hari pemilihan Wagub. Dengan ditetapkannya jadwal dan teknis pemilihan itu, DPRD Sulteng akan melaksanakan gladi bersih pada Rabu 26 Juni 2019 besok.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here