Home Politik Rusli Palabbi: Hari Ini Surat Mendagri Saya Antar ke DPRD

Rusli Palabbi: Hari Ini Surat Mendagri Saya Antar ke DPRD

215
Cawagub Sulteng, Rusli Dg Palabbi (kedua dari kanan), bersama Dirjen Otda Kemendagri Akmal (kiri), Kapuspen Kemendagri Bahtiar (kedua dari kiri) dan Dirjen Keuangan Daerah Aslan Latif (kanan) di Kementerian Dalam Negeri RI. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – DPRD Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) baru menetapkan jadwal Pemilihan Wakil Gubernur (Wagub) Sulteng setelah menerima surat dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait pengunduran diri Rusli Dg Palabbi sebagai anggota DPRD Sulteng.

Wakil Ketua DPRD Sulteng, Muharram Nurdin, kepada Metrosulawesi Minggu (23/6) mengatakan, DPRD belum bisa memilih Wagub jika Mendagri belum memberikan surat persetujuan mundur Rusli Dg Palabbi.

Menurut Muharram, sebelumnya DPRD sudah menetapkan jadwal pemilihan Wagub pada 21 Juni 2019, namun urung dilaksanakan karena DPRD belum menerima surat dari Mendagri berkaitan pengunduran diri Rusli Dg Palabbi.

“Agenda pemilihan baru bisa dilaksanakan bila surat persetujuan Mendagri sudah berada di DPRD Sulteng. Sebab, itu merupakan salah satu syarat calon yang harus dipenuhi,” tutur Muharram.

Terkait surat Mendagri itu, Rusli Dg Palabbi kepada Metrosulawesi mengatakan surat persetujuan mundur dari Mendagri akan disampaikan ke DPRD Sulteng Senin (24/6) hari ini. Surat tersebut sudah berada padanya.

“Semoga dengan masuknya surat Mendagri itu, teman-teman di DPRD segera menetapkan jadwal pemilihan,” ujar Rusli Palabbi.

Sebelumnya DPRD Sulteng sudah menetapkan dua calon Wagub Sulteng yakni Rusli Dg Palabbi dan Andi Mansur Pasande, nomor urut keduanya juga sudah ditetapkan Rusli Palabbi nomor urut 01 dan Mansur Pasande nomor urut 02.

Dengan ditetapkannya dua calon Wagub, DPRD Sulteng tinggal menunggu kelengkapan berkas syarat calon keduanya. Dengan masukknya surat persetujuan mundur Rusli Palabbi dari Mendagri, maka DPRD akan menetapkan jadwal pemilihan Wagub. Selain surat persetujuan mundur itu, kedua calon juga wajib menyampaikan visi misi melalui media massa. Bila seluruh persyarat sudah lengkap maka pemilihan segera dilakukan sesuai jadwal yang ditetapkan Banmus DPRD Sulteng.

Reporter: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here