Home Palu

Pemkot Palu Akhirnya Mengalah

913
Abd Haris Yotolembah. (Foto: Dok Metrosulawesi)

  • Buntut Kisruh Dukcapil Palu, Rosida Bakal Digeser ke Dinas Kearsipan

Palu, Metrosulawesi.id – Pemkot Palu akhirnya mengalah. Setelah sempat berkeras mempertahankan Rosidah Thalib sebagai Kadis Dukcapil Palu, Walikota Palu kini menuruti keinginan Pemerintah Pusat untuk mengembalikan sementara jabatan kadis Dukcapil dalam status Plt.

Informasi yang beredar, Walikota Palu Hidayat akan melakukan penggantian terhadap Kadis Dukcapil Palu, yang saat ini dijabat Rosida Thalib. Informasi yang diterima awak media, Kepala Dinas Dukcapil Palu Rosida Thalib bakal dipindah ke Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Palu sebagai Kadis.

Hal tersebut sebagaimana permintaan pihak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), untuk pengaktifan kembali Jarkomdat (Jaringan Komunikasi Data) Dukcapil Palu,jabatan Kepala Dinas Dukcapil Palu harus dikembalikan kepada Plt. Selanjutnya barulah bisa diusulkan Kepala Dinas Dukcapil baru untuk mendapatkan SK Mendagri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palu H Baso membenarkan informasi yang beredar di kalangan awak media. Pemindahan tersebut kata dia demi pengaktifan kembali Jarkomdat Dukcapil Palu yang diputus pihak Kemendagri sejak beberapa pekan terakhir.

“Mau dilakukan pergantian, tapi masih menunggu keputusan akhir bapak walikota, termasuk SK. Untuk pengganti ibu Rosida belum diketahui karena masih menunggu lagi keputusan pak wali,” ujar Baso.

Dia menambahkan sambil menunggu keputusan akhir Walikota Palu, pelayanan Dinas Dukcapil Palu masih tetap jalan. Diupayakan keputusan walikota akan keluar dalam waktu dekat ini.

“Pelayanan pasti tetap jalan, tapi kalau untuk bertandatangan pejabatnya belum ada,” tandas Baso.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sulteng Abd Haris Yatolembah berharap Walikota Palu Hidayat segera menyelesaikan polemik pemutusan Jarkomdat.

“Sekarang ini masyarakat yang menjadi korban, kasihan masyarakat tidak bisa urus E-KTP,” ujar Haris kepada Metrosulawesi, Jumat, 21 Juni 2019.

“Sekarang ini masyarakat yang menjadi korban, kasihan masyarakat tidak bisa urus E-KTP,” ujar Haris kepada Metrosulawesi, Jumat, 21 Juni 2019.

Haris mengungkapkan berdasarkan informasi yang diterima Kadis Dukcapil Palu, Rosida Thalib telah menemui pihak Kemendagri beberapa hari lalu. Namun pertemuan Rosida yang didampingi Sekretaris Dinas Dukcapil Palu belum membuahkan hasil.

Pihak Kemendagri meminta penyelesaian polemik pemutusan Jarkomdat harus dimulai dari pengembalian jabatan Kepala Dinas Dukcapil Palu kepada Pelaksana tugas (Plt). Namun bukannya segera menyahuti, Walikota Palu Hidayat malah meminta Dinas Dukcapil ditarik menjadi lembaga vertikal.

“Saya juga sudah bingung dengan pernyataan pak wali itu, masyarakat yang menjadi korban,” ucap Haris.

Seperti diketahui, buntut pemutusan Jarkomdat akibat ulah Walikota Palu Hidayat yang melantik Kepala Dinas Dukcapil Palu Rosidah Thalib tanpa SK Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Rosidah Thalib dilantik Walikota Palu Hidayat melalui Wakilnya Sigit Purnomo Said pada Kamis, 25 April 2019. Sesuai regulasi, pelantikan pejabat di lingkungan Dinas Dukcapil harus mendapat SK Mendagri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil. (mic/del)

Jarkomdat Dukcapil Palu Kembali Aktif

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sulteng Abd Haris Yatolembah mengungkapkan layanan Jaringan Komunikasi Data (Jarkomdat) Dukcapil Palu telah aktif kembali.

“Hari ini (kemarin) sudah bisa online, layanan Jarkomdat Dinas Dukcapil Palu aktif lagi. Informasi ini dari pak Dirjen Dukcapil,” ungkap Haris kepada Metrosulawesi, Jumat, 21 Juni 2019.

Haris mengatakan alasan Dirjen Dukcapil Kemendagri mengaktifkan kembali Jarkomdat karena Walikota Palu telah menaati Undang-undang Administrasi Kependudukan (Adminduk) terkait pengusulan pejabat di lingkungan Dinas Dukcapil.

“Informasi dari pak Dirjen, Walikota Palu sudah menaati UU Adminduk sehingga hari ini (kemarin), Jarkomdat di on-kan kembali,” tandas Haris. (mic)

Reporter: Michael Simanjuntak, Moh Fadel
Editor: Udin Salim

Ayo tulis komentar cerdas