Home Donggala Tradisi Dade Ndate Donggala Wakili Sulteng di Bali

Tradisi Dade Ndate Donggala Wakili Sulteng di Bali

101

Palu, Metrosulawesi.id – Seni tradisi Dade Ndate dari Kabupaten Donggala akan mewakili Provinsi Sulawesi Tengah dalam ajang Pentas Seni Tradisi Tingkat Nasional 2019 di Bali 30 Juni 2019 mendatang. Ini setelah kelompok atau sanggar pembawa seni tradisi itu lolos seleksi dalam Pentas Seni Tradisi Tingkat 2019, yang digelar Taman Budaya dan Museum Sulteng 15 Juni 2019 lalu.

Kelompok seni dari daerah kabupaten dan kota di Sulteng ikut serta dalam iven tahunan yang dibuka Kepala Taman Budaya dan Museum Sulteng, Sri Ramlah Sari. Misalnya dari kelompok seni dari Kota Palu menampilkan Tradisi Rabana, dan Kabupaten Poso menampilkan Tradisi Matinke.

Sri Ramlah Sari mengatakan, pentas seni tradisi yang digelar setiap tahun merupakan upaya pemerintah memberikan ruang kreativitas kepada pekerja seni budaya dan seniman-seniman di daerah.

‘’Para seniman, mahasiswa maupun masyarakat luas bisa menampilkan karya seni budaya daerah ini,’’ kata Sri Ramlah Sari.

Menurutnya, kegiatan kesenian maupun kebudayaan lokal yang ditampilkan dalam iven lomba maupun pagelaran, sangat bermanfaat karena menjadi sarana penyampaian pesan, dan mudah diterima dan dipahami masyarakat.

‘’Di bagian lain kegiatan kesenian dan kebudayaan juga menjadi lestari dan berkembang. Bahkan bisa meningkatkan pendapaan daerah melalui sektor pariwisata,’’ ujar Sri Ramlah.

Reporter: Syahril
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here