Home Sulteng

Sebagian PLKB Tak Laporkan Kinerja

177
Tenny C Soriton. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Plt Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulteng Tenny C Soriton mengungkapkan sebagaian Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) di daerahnya belum menyampaikan laporan kinerja.

“Padahal laporan itu sangat penting untuk disampikan ke pusat atas pelaksanaan program pengendalian penduduk dan KB,” ungkap Tenny di Palu, Selasa, 18 Juni 2019.

Dia mengatakan ada beberapa PLKB kecamatan dan kabupaten hingga akhir tahun anggaran belum melaporkan kinerja. Dampaknya Provinsi Sulteng tercatat belum pernah mencapai angka 100 persen pelaporan kinerja.

“Sepertinya tak ada gunanya kerja kalau laporannya tidak ada, makanya laporan dari Sulteng hanya 89 sampai 90 persen saja,” ucap Tenny.

Tenny berharap kedepan PLKB harus disiplin melaporkan kinerja ke dinas kabupaten masing-masing. Keberadaan PLKB diketahui harus bisa menyukseskan program kependudukan, salah satunya kampung KB yang tersebar di berbagai kabupaten/kota se Sulteng.

Untuk Sulteng sendiri dari 13 kabupaten/kota, PLKB yang ada baru berjumlah sekitar 350  orang lebih. Jumlah tersebut seyogianya kurang optimal karena di Sulteng ada 2.017 desa yang harus dibina oleh PLKB guna menyukseskan program dan pembangunan keluarga berencana nasional.

Sulawesi Tengah sampai saat ini masih tercatat sebagai salah satu provinsi di Indonesia yang tinggi pernikahan dini atau usia anak. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama bagi PLKB dan pemerintah daerah setempat. Salah satu upaya yang terus digencarkan BKKBN Sulteng dalam menanggulangi pernikahan dini yaitu mengoptimalkan peran program Generasi Berencana (Genre). Genre diyakini efektif merangkul para remaja ke hal-hal yang positif.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas