Home Sulselbar Persoalan HGU, Camat Tikke Raya Minta Duduk Bersama

Persoalan HGU, Camat Tikke Raya Minta Duduk Bersama

81
PT Letawa. (Foto: Ist)

Pasangkayu, Metrosulawesi.id – Camat Tikke Raya, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat, Darwin menawarkan jalan penyelesaian kepada Warga Desa Lariang untuk duduk bersama. Terutama, warga yang kawasannya diklaim sebagai kawasan Hak Guna Usaha (HGU) PT Letawa, di sembilan dusun.

“Kami mengusulkan kepada BPN, PT Letawa, dan Kehutanan untuk duduk bersama dengan pemerintah desa. Baik BPN, Letawa, dan Kehutanan agar bisa memberikan penjelasan kepada masyarakat. Mana lahan perkebunan serta pemungkiman yang masuk dalam kawasan Hak Guna Usaha (HGU),” jelas Darwin, Kamis 20 Juni 2019.

Darwin yakin, jika duduk bersama dilakukan, akan ada titik temu yang didapat. Di desa Lariang itu masih ada masuk kawasan hutan lindung. Namun sudah jadi pemukiman dan kebun masyarakat. Hal ini juga butuh penjelasan, jadi bukan semata-mata soal HGU saja.

Ia, menyayangkan sikap Kepala Desa Lariang, karena tak mengundang pemerintah kecamatan selaku penanggungjawab kewilayahan, pada pertemuan Rabu 12 Juni, lalu,di Balai Desa. Pihak PT Letawa juga demikian, jika diundang hal urgen seperti pembahas kawasan HGU paling tidak yang harus hadir kepala administrasi (ADM) atau CDO.

“Pihak Letawa kalau diundang kadang yang datang kerucu-kerucunya saja, yang tidak tau persoalan apa lagi untuk mengambil keputusan. Maka dari itu, saya meminta ADM atau CDO itu harus datang jika diundang pemerintah Desa Lariang,” tegasnya.

Reporter: Egi Sugianto
Editor: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here