Home Palu

Pelanggaran Didominasi Pelajar

174
Ilustrasi. (Foto: Dok Djunaedi)

  • Razia Kendaraan oleh Satlantas Polres Palu

Palu, Metrosulawesi.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palu terus melaksanakan kegiatan razia kendaraan roda dua. Razia yang dilakukan itu bertujuan untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pengemudi dalam berkendara di Kota Palu.

Pada razia yang digelar di Jalan Hasanuddin, Kota Palu, Rabu, 19 Juni 2019 itu, pertugas berhasil menjaring puluhan kendaraan yang menjadi sasasaran razia dengan diberikan surat tilang. Bukan itu saja, razia kali ini juga berhasil menjaring puluhan kendaraan roda dua yang tidak melengkapi perlengkapan kendaraan , seperti kaca spion, dan knalpot yang bersuara bising atau knalpot bogar.

Kasat Lantas Polres Palu, AKP I Dewa Made Arda SIK, melalui Kanit Turjawali Sat Lantas Polres Palu, Aipda Mukkaram  mengatakan, operasi rutin yang dilakukan Sat Lantas Polres Palu untuk pemeriksaan rutin surat kendaraan bermotor serta pengendara.

“Razia seperti ini merupakan rutinitas, dan dalam razia hari ini kami banyak menemukan pengendara bermotor yang masih duduk di bangku sekolah, yang pastinya belum memiliki Surat Izin mengemudi (SIM),” ungkapnya.

“Dalam razia itu juga kami menjaring dan memberikan tindakan tegas berupa tilang terhadap kendaraan bermotor yang tidak melengkapi diri dengan helm serta kelengkapan kendaraannya,” tambahnya.

Aipda Mukkaram berharap dalam berkendara, masyarakat dapat lebih disiplin dengan melengkapi surat-surat kendaraan yakni STNK dan membawa Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Untuk pengendara motor, gunakan helm standar untuk meminimalisir resiko ketika terjadi kecelakaan. Jangan menggunakan knalpot yang dimodifikasi, karena dapat mengganggu kenyamanan pengendara lain,” tegasnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Palu, AKP I Dewa Made Arda SIK, mengimbau kepada orang tua, agar tidak mengizinkan anak-anaknya yang masih di bawah umur atau yang belum memiliki SIM untuk berkendara, apa lagi tidak menggunakan alat pelindung kepala (helm).

“Keselamatan anak-anak merupakan tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Reporter: Djunaedi
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas