Home Palu

Imigrasi Palu Siap Datangi Pemohon Paspor

175
LAYANAN SPESIAL - Petugas Imigrasi Klas I Palu saat pelayanan penerbitan paspor bagi orang sakit baru-baru ini. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Selain menyiapkan layanan online dalam pengurusan paspor, Kantor Imigrasi Kelas I TPI juga memberikan kemudahan dengan menyiapkan mobile unit paspor (mobil paspor keliling).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu Suparman mengungkapkan mobile unit paspor berfungsi memberikan pelayanan mendesak untuk pemohon paspor yang tidak bisa datang ke kantor imigrasi.

“Jadi kalau ada yang sedang sakit di rumah atau dirawat di rumah sakit bisa memanfaatkan mobile unit paspor,” ungkap Suparman di Palu, Selasa, 18 Juni 2019.

Kata dia, petugas imigrasi akan mendatangi rumah atau rumah sakit tempat pemohon dirawat untuk mengambil foto dan biometrik yang bersangkutan. Hal tersebut sudah sering dilakukan petugas Imigrasi Palu.

Dia mengaku permintaan paspor dalam tiga tahun terakhir ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan setiap tahunnya. Olehnya Imigrasi Palu terus berupaya maksimal untuk bisa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, termasuk kepada masyarakat yang akan melaksanakan umroh/haji ke tanah suci.

Diberitakan sebelumnya, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu telah meluncurkan Aplikasi Pendaftaran Antrean Paspor Online (APAPO). Agar diketahui masyarakat luas, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Palu menyosialisasikan APAPO dengan melibatkan berbagai pihak. Sosialisasi berlangsung di Hotel Parama Su Palu, Selasa, 18 Juni 2019.

Suparman mengungkapkan aplikasi APAPO untuk membantu memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen perjalanan keluar negeri, tanpa harus menunggu berjam-jam mendapatkan pelayanan dari petugas imigrasi.

“Peluncuran aplikasi APAPO bukti nyata peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat yang membutuhkan dokumen keimigrasian,” ujar Suparman.

Ia mengatakan langkah tersebut merupakan solusi untuk menyiasati permasalahan yang selama ini dihadapi masyarakat dalam mengurus paspor harus datang lebih awal untuk bisa mendapatkan nomor antrean pengajuan permohonan paspor.

Bahkan, kata dia, di kota-kota besar para pemohon paspor datang dari subuh hari, namun tidak mendapatkan nomor antrean.  Dengan aplikasi tersebut, kata Suparman, masyarakat yang akan mengajukan permohonan paspor dapat mendaftarkan atau mendapat nomor antrean dimaksud tanpa harus datang lagi ke kantor imigrasi setempat.

Masyarakat sendiri yang menentukan kapan dan jam berapa datang ke kantor imigrasi untuk melakukan perekaman dan foto serta membawa persayatan yang diperlukan.

“Pada intinya dengan aplikasi APAPO semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat,” pungkas Suparman.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas