Home Politik

Rusdi Mastura-Sri Lalusu Dinilai Pasangan Ideal

933
Rusdi Mastura dan Sri Indraningsih Lalusu. (Foto: Ist)

  • Menuju Sulteng 01

Palu, Metrosulawesi.id – Tahapan Pilkada Sulawesi Tengah (Sulteng) baru dimulai pada September 2019 mendatang, berbagai spekulasi bakal pasangan calon terus mengemuka dan mulai ditawarkan kepada masyarakat.

Koalisi Lembah Palu dan Banggai Raya masih menjadi opsi utama susunan kekuatan politik Sulteng. firgur yang memiliki kekuatan politik diwilayah ini patut diperhitungkan untuk meneruskan estafet kepemimpinan di Sulteng pasca Longki Djanggola.

Pasangan Rusdi Mastura-Sri Indraningsih Lalusu menjadi salah satu pilihan yang mulai ditawarkan kepada masyarakat. Keduanya dianggap komposisi ideal karena menjadi representasi dua daerah dengan populasi terbesar di Sulteng.

Menjabat dua periode Walikota Palu, Rusdi Mastura mampu melahirkan fanatisme masyarakat Kota Palu kepadanya, bahkan ketokohannya juga diterima dengan baik di Kabupaten Donggala dan Sigi. Sering mengutarakan “mimpi-mimpi” besarnya akan Sulteng, Rusdi Mastura dianggap memberi masa depan cerah bagi Sulteng.

Untuk memenangkan Pilgub Sulteng, Cudi sapaan akrabnya tidak bisa hanya mengandalkan daerah lembah Palu dan sekitarnya, Cudi butuh sokongan kekuatan wilayah timur Sulteng, utamanya daerah Banggai bersaudara.

Sri Indraningsih Lalusu menjadi pilihan tepat bagi Cudi untuk dijadikan pasangan. Sri Lalusu telah membuktikan kekuatan politiknya dengan terpilih kembali untuk periode keempat DPRD Sulteng pada Pemilu 17 April lalu. Bahkan tren suara Sri Lalusu selalu meningkat dari Pemilu ke Pemilu.

Diterima dikalangan lokal dan transmigrasi, Sri Lalusu dianggap mampu menyatukan suara Banggai bersaudara. Kolaborasi Cudi dan Sri Lalusu akan menjadi poros politik yang patut diwaspadai untuk Pilgub Sulteng.

Bukan hanya dukungan masyarakat, dukungan partai juga sangat kuat terhadap Sri Lalusu. Duduk sebagai Bendahara DPD PDIP Sulteng menjadikan partai moncong putih itu all out memenangkannya bila bertarung di Pilgub Sulteng.

Penegasan itu disampaikan Ketua DPD PDIP Sulteng, Muharram Nurdin, beberapa waktu lalu. Bahkan PDIP tidak memiliki figur lain untuk Pilgub Sulteng kecuali Sri Lalusu.

“PDIP akan kerja all out untuk memenangkan Sri Lalusu bila nantinya maju di Pilgub Sulteng. enam kursi PDIP untuk Sri Lalusu tidak untuk kader lain,” tutur Muharram.

Meskipun saat ini Cudi-Sri Lalusu terus ditawarkan kepada masyarakat, namun kepastian calon yang akan bertarung baru dapat dipastikan saat mendaftar di KPU Sulteng nanti.

Reporter: Elwin Kandabu

Ayo tulis komentar cerdas