Home Palu Tunjangan Pasigala Tahap II Dibayar Bulan Ini

Tunjangan Pasigala Tahap II Dibayar Bulan Ini

4192
Imam Sutarto. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)
  • Pusat Tambah 6.000 Guru Penerima Tunjangan Khusus

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, H Ansyar Sutiadi mengungkapkan, sesuai hasil koordinasi Bidang Ketenagaan Disdikbud Palu dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, pencairan tunjangan khusus tahap II untuk guru yang terdampak bencana di Palu, Sigi dan Donggala (Pasigala) akan dicairkan bulan ini.

“Saat ini prosesnya masih berada di Kementerian Keuangan. Namun menurut informasi bulan ini tunjangan khusus bencana dapat dicairkan langsung ke rekening masing-masing guru,” kata Ansyar di Palu, Selasa, 18 Juni 2019.

Sementara itu, Kepala Bidang Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Imam Sutarto mengaku pihaknya telah berkomunikasi dengan pengelola tunjangan khusus Pasigala pada waktu lalu, dan disampaikan Kemendikbud RI berusaha semaksimal mungkin untuk mencairkan dana Pasigala itu sebelum lebaran.

“Tetapi kesimpulan saat itu pihak pusat tidak sanggup untuk membayarkan sebelum lebaran, karena ada persoalan teknis di Kementerian Keuangan, sehingga dana tunjangan khusus ini belum dicairkan,” ungkapnya.

Kata dia, informasi terakhir tunjangan khusus itu dalam waktu dekat ini akan dicairkan.

“Namun kami tidak bisa menentukan hari apa akan dicairkan dana tersebut, karena kami pada posisi menunggu, untuk semua dokumen-dokumen perlengkapan administrasi sudah kita serahkan kepada Kemendikbud RI. Saat ini prosesnya itu masih terkendala di Kementerian Keuangan, karena secara teknis dana ini tidak sama dengan tunjangan sertifikasi,” jelasnya.

Sebelumnya di tahap pertama, kata Imam, Kemendikbud RI mencairkan dana tunjangan khusus tahap II kepada 19 ribu guru, tetapi untuk kali ini ada ketambahan sebanyak 6 ribu guru.

“Sehingga total keseluruhan yang akan dibayarkan dalam waktu dekat ini sebanyak 25 ribu  guru di Pasigala akan dicairkan tunjangannya,” ungkapnya.

“Tunjangan ini pasti akan dibayarkan oleh pusat. Kami mohon para Guru bersabar, karena beban kerja pusat saat ini cukup berat karena ada ketambahan sebanyak 6 ribu guru. Namun masing-masing guru pasti akan menerima dana itu di rekeningnya, sementara untuk guru tambahan ini akan dibuatkan rekening baru,” katanya.

Menurut Imam, bukan hanya di Kota Palu saja yang belum menerima dana tunjangan khusus tahap II ini, tetapi guru di Sigi dan Donggala juga belum menerima.

“Olehnya itu kepada guru TK, SD dan SMP yang akan menerima tunjagan khusus tersebut dimohon agar bersabar, karena yang menentukan itu adalah pusat, Disdikbud Kota Palu kewenanganya hanya melengkapi administrasi, memverifikasi dan menyalurkan, kebijakan mencairkan itu ada di pusat,” ujarnya.

Reporter: Moh Fadel, Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here