Home Donggala IAIN Palu Turunkan 360 Mahasiswa KKN di Donggala

IAIN Palu Turunkan 360 Mahasiswa KKN di Donggala

100
Prof Dr H Sagaf S Pettalongi. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Sebanyak 360 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, akan melakukan  kuliah kerja nyata (KKN) di Kabupaten Donggala.

Program KKN yang merupakan angkatan VI gelombang ke-II Tahun 2019 itu direncanakan akan ditempatkan di wilayah-wilayah terpencil di Kabupaten Donggala, mulai tanggal 25 Juni hingga 25 Juli 2019 mendatang.

Menurut Ketua Panitia KKN Angkatan VI Gelombang II IAIN Palu, Ismail Pangeran, Senin,  mahasiswa KKN tersebut akan ditempatkan di 52 desa/kelurahan. 

Disebutkan, sekitar 50 desa dari jumlah total desa yang menjadi sasaran lokasi KKN, merupakan wilayah terpencil di Kabupaten Donggala. Dua wilayah lainnya berada di Kota Palu dan Kabupaten Sigi.

Untuk wilayah Kabupaten Donggala, katanya, peserta KKN akan diturunkan di Kecamatan Sirenja (wilayah terdampak gempa dan tsunami 28 September 2018), dan seterysnya menyusuri desa-desa ke wilayah Utara yakni Desa Ogoamas I dan Ii Kecmatan Sojol daerah perbatasan Kabupaten Donggala dengan Tolitoli.

“KKN merupakan bentuk pengabdian terhadap masyarakat oleh komponen civitas akademik, dan ini menjadi salah satu tujuannya pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi dalam bidang pendidikan,” terangnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Palu,   Prof Dr H Sagaf S Pettalongi, MPd, mengungkapkan,  fokus IAIN Palu lewat program KKN yaitu memberikan pendidikan tentang Islam rahmatan lilalaamin kepada masyarakat di wilayah terpencil yang terbatas dengan informasi.

“Salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat dapat dilakukan dengan pembinaan majelis ta’lim, pembinaan remaja Islam masjid, khutbah Jumat, dan lainnya lewat program-program non-fisik peserta KKN,” tandas Rektor Sagaf S Pettalongi, MPd, Senin.

Menurut Rektor peserta KKN menjadi salah satu ujung tombak dalam menyosialisasikan IAIN Palu kepada masyarakat.

Reporter: Masruhim Parukkai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here