Home Sulselbar Relokasi Warga Kalindu, Pemda Tak Memiliki Lahan

Relokasi Warga Kalindu, Pemda Tak Memiliki Lahan

67
RELOKASI - Sejumlah warga di Kalindu saat saat terdampak banjir beberapa waktu lalu. (Foto: Ist)

Pasangkayu, Metrosulawesi.id – Masyarakat dusun Kalindu, desa Lariang Kecamatan Tikke Raya, Pasangkayu, mulai membongkar rumah mereka dan berencana mencari tempat tinggal baru.

Kepala Bidang Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pasangkayu, Andi Rudi, mengatakan, bahwa sudah ada 20 unit rumah yang dibongkar pemiliknya, karena takut tergerus erosi Sungai Lariang, yang setiap saat mengancam mereka.

Melihat kondisi warga Kalindu yang berjumlah 95 Kepala Keluarga (KK) itu, Wakil Bupati Pasangkayu, Muhammad Saal, berinisiatif memindahkan mereka ke lokasi Hak Guna Usaha (HGU) PT Astra Agro Lestari (AAL). Dan kebetulan PT Letawa yang merupakan anak Perusahaan PT AAL, sebahagian HGU nya berada di desa Lariang.

“Apakah yang menguasai HGU ini harga mati tidak bisa terganggu dia punya lahan biar hanya sedikit untuk kepentingan masyarakat? Perusahaan menguasai HGU sampai 60 ribu hektar masa 3 atau 4 hektar untuk masyarakat tidak bisa,” ujar Wakil Bupati Muhammad Saal.

Katanya pemerintah sendiri tidak memiliki lahan untuk relokasi warga Kalindu, sementara kondisi masyarakat sudah sangat mendesak untuk di relokasi.

“Ini harus diperhatikan secara serius oleh pemerintah dan kami akan melakukan pertemuan dengan pihak perusahaan, untuk membahas soal relokasi warga Kalindu,” jelasnya.

Reporter: Egi Sugianto
Editor: Elwin Kandabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here