Home Palu

Zonasi PPDB Harus Dijalankan Tegas

197
Imroten P Kusika. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala SMP Swadaya Palu, Imroten P Kusika mengharapkan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019 di Kota Palu dapat menerapkan sistem zonasi dengan tegas sesuai dengan aturan yang ada.

“Sehingga Kota Palu dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menerapkan sistem zonasi,” ungkap Imroten di Palu belum lama ini.

Imroten mengatakan, jika sistem zonasi ditegakan secara tegas sesuai dengan aturan yang ada, maka akan memberikan kesempatan kepada sekolah swasta untuk berkembang.

“Dalam aturan, sekolah tidak diperbolehkan menerima siswa baru lebih dari 11 Rombongan Belajar (Rmbel). Jadi, kalau memang sistem zonasi betul-betul diberlakukan sesuai dengan aturan yang ada, sekolah swasta juga dapat kesempatan menerima peserta didik sesuai kuota,” ujarnya.

Seperti beberapa tahun terakhir, kata Imroten, sistem ini betul-betul diterapkan dengan tegas di Kota Palu, sehingga sekolah swasta juga bisa merasakan dampak positifnya.

“Mengingat di tahun-tahun sebelumnya, sekolah-sekolah negeri sangat bebas menerima siswa baru bahkan dengan mengorbankan beberapa ruangan praktik untuk dijadikan ruangan kelas. Namun, dengan adanya aturan baru terkait pembatasan sekolah negeri untuk menerima siswa baru, maka dapat memberikan harapan baru bagi sekolah swasta kecil untuk bisa berkembang,” katanya.

Olehnya, Imroten berharap, aturan PPDB di Kota Palu dapat dilaksanakan dengan baik, serta pengawasan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu juga harus ditingkatkan.

“Sehingga, tidak ada sekolah yang melanggar aturan PPDB yang sudah disosialisasikan,” tegasnya.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas