Home Olahraga

P3K2 Untad Fokus Prestasi Olahraga

290
Dr Ir Sagaf MP. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Universitas Tadulako (Untad) menambah satu lembaga yang fokus terhadap pembinaan prestasi di bidang olahraga mahasiswa. Lembaga tersebut yaitu Pusat Pembinaan dan Pengembangan Kegiatan Kemahasiswaan (P3K2).

P3K2 merupakan salah satu upaya yang digagas oleh Wakil Rektor Untad Bidang Kemahasiswaan Dr Ir Sagaf MP untuk mempertajam pembinaan mahasiswa yang berpotensi meraih prestasi.

Menurut Sagaf, bidang kemahasiswaan sangat luas, terlebih lagi indikator kemajuan suatu perguruan tinggi itu dilihat dari mutu luaran pendidikan dan perestasi mahasiswanya.

“Tanggung jawab prestasi mahasiswa ini dipegang oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan. Begitu besar tugas dan tanggung jawabnya, sehingga saya berpikir perlu ada lembaga yang membantu untuk mempertajam program, demi menjamin terciptanya prestasi-prestasi yang dihasilkan oleh mahasiswa Untad,” ujar Sagaf kepada awak media baru-baru ini.

Kata dia, dari lima fungsi Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad, ada tiga tugas yang secara khusus diberikan kewenangan kepada P3K2 yaitu pembinaan kelembagaan mahasiswa dari tingkat fakultas sampai universitas. Selanjutnya bidang minat dan bakat terutama olahraga dan seni, terakhir yaitu bidang penalaran.

“Jadi inilah yang akan menjadi tugas P3K2 kedepannya. Salah satunya urusan penalaran akademik mahasiswa, misalnya urusan proposal kreativitas mahasiswa di tingkat kementerian, harus dilakukan pembinaan secara serius sehingga Untad dapat memperoleh pendanaan dari kementerian,” ucapnya.

“Kalau saya sendiri yang mengerjakan semua susah, makanya saya mencari tim untuk membantu dalam mencapai target-target yang telah disepakati Untad dengan kementerian terlebih khusus dalam prestasi mahasiswa,” tambah Sagaf.

Menurut dia selama ini atlet Untad yang selalu berpartisipasi dalam berbagai turnamen olahraga tingkat nasional minim pembinaan. Dampaknya capaian prestasi dibidang olahraga sangat kurang.

“Olehnya dengan adanya P3K2 semoga prestasi Untad kedepan semakin meningkat,” tandas Sagaf.

Seperti diketahui, Rektor Untad Prof Dr Ir Mahfudz MP telah mengukuhkan  Dr Vitayanti Fattah SE, M.Si sebagai Koordinator P3K2 Untad, serta Haliadi SS, M.Hum, PhD sebagai Sekretaris pada Selasa, 12 Juni 2019.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas