Home Sulteng

Anies Pantau Bantuan Pemulihan Sulteng

214
BAHAS BANTUAN - Gubernur Sulteng H Longki Djanggola saat menjamu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Ruang Kerjanya di Palu, Jumat, 14 Junii 2019. (Foto: Humas Pemprov)

Palu, Metrosulawesi.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung ke Palu dalam rangka memantau pemanfaatan bantuan keuangan APBD DKI Jakarta untuk pemulihan pascabencana di wilayah Sulteng yakni Kota Palu, Sigi dan Donggala.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mendapat penjelasan pemanfaatan bantuan tersebut dari Kepala Dinas Bina Marga Sulteng Syaifullah Djafar di ruang kerja Gubernur Sulteng, Jumat, 14 Juni 2019.

Syaifullah melaporkan bantuan berupa dana hibah dari kas APBD DKI Jakarta telah masuk ke batang tubuh APBD Provinsi Sulteng dan seterusnya ke DPA Bina Marga. Dari kucuran Rp60 miliar bantuan DKI Jakarta, telah digunakan Rp24 miliar lebih saat masa tanggap darurat untuk memulihkan akses jalan poros Kalawara – Kulawi sepanjang 18 Km di Kabupaten Sigi dan jalan poros Pinembani di  Donggala sepanjang 11 Km.

“Sisa dana akan dipakai untuk tahap 2 atau saat ini yaitu tahap rehab rekon pemulihan beberapa ruas jalan di Kota Palu yang rusak karena gempa dan jalan poros lainnya yang tersisa di Sigi maupun Donggala,” ucap Syaifullah.

Gubernur Sulteng H Longki Djanggola menambahkan bantuan yang hanya khusus dikosentrasikan memperbaiki jalan tersebut dikarenakan akan lebih mudah dalam hal mengontrol dan mengawasinya.

“Karena lebih gampang melihat, mengawal dan mengevaluasi,” ujar Gubernur Longki.

Sementara itu, Gubernur Anies menyampaikan pengucuran bantuan saat itu sangat memungkinkan dan tidak ada kendala setelah dilakukan konsultasi dengan pihak terkait di daerahnya. Menurutnya peristiwa yang dialami warga Pasigala juga ikut memilukan hati warga ibukota yang dipimpinnya.

“Kami adalah simpul masyarakat se Indonesia dan jadinya kami langsung turun tangan,” ungkap Anies.

Setelah pengerjaan semua ruas jalan tuntas, dia berharap Pemerintah Daerah Sulteng membuat memorabilia atau kenang-kenangan berupa video dokumentasi yang akan ia perlihatkan ke warga Jakarta.

“Sehingga Masyarakat Jakarta ada rasa memiliki atas apa yang diberi ke Sulteng. Semoga yang dititipkan Masyarakat Jakarta bisa dimanfaatkan optimal,” tandas Anies.

Atas penyampaian tersebut, Gubernur Longki menghaturkan terima kasih dan berjanji akan menyelesaikan perbaikan ruas jalan yang tersisa tepat waktu plus pembuatan video dokumentasi sesuai keinginan Gubernur DKI Jakarta. (mic/*)

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas