Home Sulteng

Dishub: Angka Kecelakaan Mudik Turun Drastis

215
ARUS BALIK - Tampak kendaraan arus balik di wilayah Sulteng mengantri akibat diguyur hujan dalam sepekan terakhir. Dishub Sulteng mengimbau pengendara waspada longsor, Ahad, 9 Juni 2019. (Foto: Moh Fadel/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Angkutan Jalan, Keselamatan dan Perkeretaapian Dinas Perhubungan (Dishub) Sulteng Sumarno mengungkapkan angka kecelakaan mudik transportasi darat di daerahnya turun drastis.

“Alhamdulillah, memang kami belum menerima laporan resmi, tapi angka kecelakaan moda transportasi darat mudik tahun ini turun drastis,” ungkap Sumarno, Kamis, 13 Juni 2019.

Dia mengatakan kabar baik tersebut dipengaruhi beberapa faktor salah satunya keberhasilan program mudik gratis dalam rangka mudik lebaran 1440 hijriah. Mudik gratis di daerah ini kata Sumarno telah berperan dalam mengurangi kepadatan arus lalu lintas.

Selain itu, sopir dan bus yang mengangkut pemudik telah melalui pemeriksaan ketat untuk menjamin keselamatan penumpang. Hasilnya semua pemudik dengan berbagai tujuan tiba dengan selamat.

Namun demikian, Dishub Sulteng tetap mengimbau masyarakat yang masih melakukan perjalan balik pasca lebaran agar selalu hati-hati dalam berkendara. Imbauan secara khusus disampaikan kepada masyarakat pengguna kendaraan pribadi. Terlebih saat ini sebagian wilayah Sulteng masih diguyur hujan mulai intensitas sedang hingga lebat.

“Musim hujan seperti saat ini harus waspada longsor, khususnya di jalur kebun kopi,” ujar Sumarno, Minggu, 9 Juni 2019.

Dia mengatakan bagi pemudik yang ingin kembali ke Palu dengan menggunakan kendaraan pribadi harus mempersiapkan diri dengan baik. Tak kala penting kendaraan harus dalam kondisi baik pula.

“Kalau yang perjalanan jauh kita imbau istirahat minilam 4 jam sekali untuk meluruskan kaki dan tangan,” ucap Kabid.

Berdasarkan informasi yang diterima, secara umum arus balik di Sulteng terpantau sepi, baik melalui jalur darat, laut maupun udara. Menurut Sumarno hal itu dikarenakan mahasiswa dan pelajar yang masih libur beberapa hari kedepan.

Terkait beberapa jembatan penghubung yang putus disejumlah kabupaten, Sumarno mengungkapkan telah dibangun jembatan darurat. Dipastikan arus balik kesejumlah wilayah tidak akan terkendala.

“Jembatan yang putus ada di Kabupaten Morowali, tapi sudah buat jembatan darurat, kendaraan sudah bisa melintas,” katanya.

Reporter: Michael Simanjuntak
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas