Home Palu Sekolah Diminta Berguru ke Putra Kaili Permata Bangsa

Sekolah Diminta Berguru ke Putra Kaili Permata Bangsa

883
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi foto bersama 22 anak PAUD dan 9 anak SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa pada acara pelepasan siswa di sekolah tersebut, Kamis 13 Juni 2019. (Foto: Syamsu Rizal/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Ansyar Sutiadi mengimbau sekolah di Kota Palu agar berguru di PAUD dan SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa. Menurutnya, sekolah dengan segudang prestasi itu layak menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lainnya di Palu.

“Sekolah lain agar bisa mencontoh bagaimana proses belajar mengajar di sekolah ini. Sehingga sekolah lain juga bisa mengikuti prestasi yang diraih di sekolah ini,” kata Ansyar Sutiadi seusai menghadiri acara pelepasan siswa PAUD dan SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa, Kamis 13 Juni 2019.

Sekolah swasta yang terletak di Jalan Permata Bangsa, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Palu. Sejumlah prestasi sudah ditorehkan siswa di sekolah ini baik tingkat provinsi, nasional, bahkan internasional.

Prestasi tingkat nasional di antaranya pada pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dilaksanakan di Padang Sumatera Barat. Dua siswa SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa yakni Bilqis Sofia Qurota Ainun meraih perak sekaligus The Best Experiment pada bidang IPA, serta Rozan Haqi Nabia meraih medali perunggu.

Bilqis Sofia Qurota Ainun bahkan pernah memboyong medali perunggu dari China pada perhelatan International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) 2018. Ajang Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Internasional yang diikuti 22 negara itu diselenggarakan di Xejhiang, China, 2018 silam.

Oleh karena itu, kata Kadis, pimpinan sekolah lainnya di Kota Palu tak ada salahnya belajar bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan di SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa sehingga bisa meraih prestasi.

“Sekolah ini luar biasa. Saya sebut sekolah aneh bin ajaib. Karena sekolah ini (SD) baru menamatkan tahun ajaran 2018/2019. PAUD maupun SD-nya mempunyai prestasi-prestasi. Juara tiga olimpiade tingkat dunia di China. Juga juara nasional bidang studi sains dan bidang studi lainnya,” kata Ansyar Sutiadi.

Tahun ini, dua siswa SD Putra Kaili Permata Bangsa lolos mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat nasional yang rencananya dilaksanakan pada 20 Juni sampai 6 Juli 2019 di Yogyakarta. Keduanya adalah Moh. Hanif Zabani untuk bidang matematika dan Asbirin Fadlan di bidang IPA.

Diketahui, OSN merupakan wadah bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk menunjukkan bakat dan prestasi yang dimiliki di bidang sains.  Sebelumnya telah dilakukan proses seleksi secara bertahap mulai dari seleksi tingkat kecamatan, kabupaten/ kota, provinsi.

Hasil seleksi OSN tingkat provinsi 2019 bidang Matematika hanya dua siswa yang mewakili Sulawesi Tengah ke tingkat nasional yakni Moh. Hanif Zabani (SD Putra Kaili Permata Bangsa/ Kota Palu), dan satu lagi Gusti Ayu Tarisa Putri (SD Negeri Malakosa/ Parigi Moutong).

Sedangkan bidang IPA yakni Ali Farham (SD Inpres 1 Tirtakencana/ Banggai), Arifa Evania (SDN 4 Banawa/ Donggala), Asbirin Fadlan (SD Unggulan Putra Kaili Permata Bangsa/ Palu), Kirana Gracella Meranga (SDN Lee/ Morowali Utara), dan Achanul Khatami M Syam (SD Negeri Ujungtibu, Tojo Unauna).

“Kami sangat bangga dan berterima kasih kepada yayasan dan kepala sekolah yang mengelola sekolah dengan baik dan anak yang berprestasi,” katanya.

Mengenai, akareditasi SD Putra Kaili Permata Bangsa akan terus diupayakan agar dapat dicapai.

“Saya yakin akreditasinya tinggi. Karena sebelum akreditasi pun sudah berprestasi,”kata Kadis.

Selain SD, Yayasan Putra Kaili Permata Bangsa juga mengalelola Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang kini terakreditasi A. PAUD juga tak kalah berprestasi. Bukan hanya siswa PAUD dan SD, tapi juga beberapa guru mencatat prestasi pada sejumlah  ajang perlombaan. Adapun siswa yang tamat tahun ini sebanyak 22 anak PAUD. Mereka adalah alumni kelima di PAUD ini.  Sedangkan SD sebanyak sembilan anak yang merupakan lulusan pertama di sekolah ini sekaligus lulus dengan nilai yang membanggakan. Pelepasan digelar dengan meriah di sekolah tersebut dihadiri pihak yayasan, para guru, dan orangtua siswa.

Reporter: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here