Home Ekonomi Pakan Ternak Masih dari Luar Daerah

Pakan Ternak Masih dari Luar Daerah

69
Zainudin Abdul Kadir. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Provinsi Sulawesi Tengah saat ini masih mengharapkan produsen industri pakan ternak dari luar daerah.

Hal tersebut diungkapkan langsung Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Disperindag Sulteng, Zainudin Abd.Kadir kepada Metrosulawesi, Kamis (13/6/2019). Lanjut dia, pakan ternak masih didatangkan dari Makassar dan Surabaya.

“Kita masih berharap dengan pakan ayam dari luar, belum bisa kita produksi sendiri, makanya biasa telur ayam kadang naik di pasar,” jelasnya.

Menurutnya, ditambah lagi sebagian komponen bahan baku pakan ternak masih impor. Apabila terjadi pelemahan nilai tukar rupiah itu pasti akan berpengaruh.

“Karena kami sempat dua kali menggelar pasar murah menjelang lebaran, jadi otomatis masyarakat sangat terbantu dengan hal tersebut,” katanya.

Sementara itu, kata dia, bila ada masyarakat yang ingin mengembangkan pakan ternak kemungkinan pemerintah daerah akan memberi dukungan penuh melalui rekomendasi dalam pengembangan industri ini.

“Kalau ada yang mau berinvestasi dan mempunyai keahlian dalam bidang pakan ternak, saya rasa itu sangat bagus pasti pemerintah juga akan bantu dengan memberikan izin usaha dan lainnya,” katanya.

Ia menambahkan untuk bantuan alat pengembangan industri, pemerintah mengaju pada aturan dan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) yang diberlakukan mulai 2017 silam.

“Yang namanya orientasi bisnis sudah tidak bisa lagi diberi bantuan atau istilah Nirlaba, kalau lalu masih ada kita berikan bantuan, namun dengan adanya keputusan Mendagri, jadi sekarang sudah tidak ada,” tuturnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here