Home Politik Cawagub Sulteng Dukung Guru Tua Jadi Pahlawan Nasional

Cawagub Sulteng Dukung Guru Tua Jadi Pahlawan Nasional

120
Rusli Dg Palabbi. (Foto: Dok Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Dukungan kepada H.S Idrus Bin Salim Aljufri atau akrab disapa Guru Tua menjadi pahlawan nasional terus berdatangan. Kontribusi Guru Tua terhadap Indonesia khususnya di Sulawesi Tengah sudah selayaknya diapresiasi oleh negara dengan mengangkatnya sebagai salah satu Pahlawan Nasional.

Dukungan penyematan status Pahlawan Nasional kepada Guru Tua juga disampaikan calon Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Rusli Dg Palabbi. Kontribusi besar Guru Tua atas pendidikan dan dakwah di Sulawesi Tengah dan bagian timur Indonedia, merupakan perjuangan besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

“Sangat setuju dan mendukung penuh Guru Tua diangkat menjadi Pahlawan Nasional. Guru Tua banyak memberikan manfaat yang besar di Sulawesi Tengah dan beberapa wilayah di Indonesia,” tutur Rusli Palabbi, Rabu 12 Juni 2019.

Lanjutnya, perjuangan Guru Tua dibidang pendidikan dan dakwah dirasakan masyarakat hingga sekarang. Bukan hanya itu, Guru Tua juga dimasa penjajahan juga mendukung penuh kemerdekaan Indonesia, bahkan Guru Tua membuat beberapa syair sebagai wujud nasionalisnya.

“Sebagai masyarakat Sulawesi Tengah, tentu kita bangga dan bersykur kalau Guru Tua ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional. Saya merupakan orang yang mendukung penuh sewaktu nama Guru Tua diabadikan menjadi bandara, apalagi sekarang diusulkan menjadi Pahlawan Nasional saya adalah orang yang akan mendukung dan berjuang untuk itu,” tegasnya.

Selain dukungan Cawagub Sulawesi Tengah, dukungan terhadap Guru Tua Habib Sayyid Idrus Bin Salim Aljufri sebagai pahlawan nasional juga datang dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulteng Alimuddin Paada didampingi legislator Ismail Yunus menyatakan sikap mendukung upaya pencalonan Sayyid Idrus sebagai pahlawan nasional dari Sulteng. Hal itu disampaikan saat menerima perwakilan Aliansi Masyarakat Sulawesi Tengah di ruang rapat DPRD Sulteng, Rabu, 12 Juni 2019.

Alimuddin mengatakan pihaknya mendukung penuh upaya pengusulan Guru Tua sebagai pahlawan nasional. Wujud nyata dukungan, pihaknya mengagendakan untuk menemui pihak Kementerian Sosial, guna berkonsultasi terkait pengusulan tersebut.

“Seperti yang kita tahu, sebelumnya kan sudah pernah ada pengusulan serupa untuk Guru Tua namun tidak berhasil. Untuk itu kita coba berkonsultasi dengan pihak Kementerian Sosial, terkait apa saja persyaratan administrasi yang harus dipenuhi,” ujar Politisi Gerindra Sulteng itu.

Dia melanjutkan dewan juga akan mengagendakan pertemuan yang melibatkan Aliansi Masyarakat Sulteng, DPRD Provinsi Sulteng, Gubernur Sulteng, juga Dinas Sosial Provinsi Sulteng. Itu dilakukan untuk mengkomunikasikan upaya bersama untuk mendukung pencalonan Guru Tua sebagai pahlawan nasional ini.

Hal senada juga disampaikan Ismail Yunus yang menyatakan mendukung penuh upaya perjuangan menjadikan Guru Tua sebagai pahlawan nasional. Menurutnya, sosok Guru Tua dengan dedikasinya membangun dunia pendidikan di Sulteng dan Indonesia Timur layak diusulkan menjadi pahlawan nasional.

“Menurut saya sosok beliau yang penuh karomah dan berdedikasi tinggi terhadap dunia pendidikan layak diusulkan sebagai pahlawan nasional dari Sulteng. Kami mendukung sepenuhnya pengusulan ini,” tandasnya. (el/mic)

Reporter: Elwin Kandabu, Michael Simanjuntak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here