Home Palu

165 SD Serentak Umumkan Kelulusan

255
Yabidi. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu, Yabidi mengungkapkan, hari ini (kemarin-red) pengumuman kelulusan jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dilaksanakan.

“Kami berharap pelaksanaan pengumuman kelulusan dilaksanakan dengan baik dan tertib, dan dilakukan secara terbuka. Kemudian para peserta didik diimbau untuk tidak melakukan hal-hal yang sifatnya hura-hura, seperti coret-coret seragam sekolah,” ujar Yabidi melalui ponselnya, Rabu, 12 Juni 2019.

Kata dia, pengumuman kelulusan jenjang SD dilakukan mulai pukul 16.00 wita sesuai mekanisme yang berlaku.
“Jadi pengumuman ini tidak hanya di SD negeri dan swasta, tetapi juga di jenjang Madrasah Ibtidaiyah negeri dan swasta, karena MI masuk rayon lima Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Palu,” ungkapnya.

Yabidi berharap, siswa yang lulus agar segera bersiap-siap melakukan penerimaan siswa baru di tingkat SMP, karena penerimaan siswa baru di tingkat SMP dilaksanakan 24 Juni-6 Juli 2019.

“Siswa SD ini Insya Allah lulus semua, karena penentu kelulusan ditentukan oleh sekolah. Tetapi secara garis besar, nilai-nilai siswa cukup memuaskan dari sejumlah sekolah,” katanya.

Yabidi mengatakan, 165 SD dan 20 MI hari ini secara serentak melaksanakan pengumuman kelulusan, dengan jumlah peserta didik sebanyak 6.576 siswa dengan rincian MI sebanyak 520 orang dan SD 6.074 orang.

“Kemungkinan para siswa melihat hasil pengumuman kelulusan didampingi oleh orang tuanya pada sore hari,” ungkapnya.

Yabidi mengungkapkan, dua lembar ujian, yakni pilihan ganda dan lembar ujian esai masing-masing telah diperiksa oleh tim khusus.

“Setelah itu kita gabungkan antara pilihan ganda dengan esai lalu lakukan penggabungan nilai. Kemudian sesuai dengan POS USBN tentang pengumuman SD bahwa pengumuman kelulusan harus dilakukan secara serentak pada 12 Juni 2019,” katanya.

Olehnya itu kata Yabidi, belum lama ini pihaknya rapat dengan semua UPTD dan Koordinator Pengawas untuk menginstruksikan 12 Juni 2019 dilakukan pengumuman kelulusan. Rapat itu telah ditindaklanjuti oleh UPTD untuk disampaikan kepada kepala sekolah di wilayahnya masing-masing.

Reporter: Moh Fadel
Editor: Yusuf Bj

Ayo tulis komentar cerdas