Home Parigi Moutong Sungai Sausu Meluap, Warga Minta Perhatian Pemerintah

Sungai Sausu Meluap, Warga Minta Perhatian Pemerintah

63
Dusun 2 Desa Peore Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) diterjang banjir. (Foto:Zoel Fahry/ Metrosulawesi)

Parimo, Metrosulawesi.id – Dusun 2 Desa Peore Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) diterjang banjir setelah hujan pada Senin 10 juni 2019 hingga Selasa dini hari 11 Juni 2019 sekitar jam 02.00 Wita.

“Setelah diguyur hujan dari Senin, air meluap dan masuk di pemukiman kami di dusun 2 ini. Sekitar jam 02.00 Wita sebelum saya tidur tiba-tiba terdengar seperti gemuruh, setelah saya bangun ternyata air sudah masuk dan mengenangi rumah warga,”ungkap Jufri salah satu warga Dusun 2, kepada Metrosulawesi, Selasa 11 Juni 2019.

Dia mengatakan, bahwa Desa Sausu Peore itu, setiap musim hujan pasti akan banjir, biasanya kalau musim hujan begini setiap 2 bulan pasti banjir. “Mungkin Desa Peore ini sudah menjadi langganan banjir, karena selama 2 tahun ini kalau sudah musim hujan pasti air mengenangi rumah warga dusun 2 sepanganjang 700 meter, sehingga kami berharap pada Pemerintah Daerah agar memperhatikan dan segera membuatkan tanggul,” harap Jufri.

Sementara itu Kades Sausu Peore Ismail mengatakan, bahwa banjir terjadi di dusun 2 desa Sausu Peore itu terjadi sekitar jam 02.00 wita, dan nanti banjir surut pada Selasa 11 Juni 2019 sekitar jam 09.00 Wita.

“Ada sekitar ratusan rumah warga terendam banjir, yang mengakibatkan anak anak kami yang berada di desa sausu peore ini libur, karena sekolah mereka di genangi Air,” tutur Ismail pada Metrosulawesi di kediamannya.

Lanjut ismail, sebenarnya bantuan untuk pembuatan beronjong dan pembuatan tanggul di Sungai Sausu itu sudah akan diturunkan dari Pusat, hanya saja pada waktu gempa 28 September 2018 lalu, terpaksa bantuan itu belum diturunkan.

“Bantuan untuk Pembuatan bronjong dan tanggul ini sebenarnya sudah ada, hanya saja gempa sehingga bantuan itu belum di turunkan,” kata Ismail.

Ismail mengatakan, bahwa Desa Sausu Peore ini merupakan ujung muara sungai Sausu, sehingga jika hujan pasti terjadi banjir.

“Untuk itu, kami berharap selaku pemerintah Desa Sausu Peore agar Pemerintah Daerah maupun pemerintah pusat segerah menurunkan bantuan agar secepatnya dibuatkan Bronjong dan tanggul,” harapnya.

Reporter: Zoel Fahry
Editor: Syamsu Rizal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here