Home Ekonomi BRI Syariah Komitmen Salurkan FLPP

BRI Syariah Komitmen Salurkan FLPP

71
Pimpinan Bank BRI Syariah Cabang Palu Umar didampingi dua karyawan berfoto bersama. (Foto: Fikri Alihana/ Metrosulawesi)

Palu, Metrosulawesi.id – Industri perbankan syariah kini semakin gencar melakukan sejumlah pembiayaan. Salah satu bank yang menyatakan komitmen dalam penyaluran pembiayaan rumah subsidi adalah BRI Syariah. Anak usaha PT Bank BRI Tbk ini fokus pada penyalurkan pembiayaan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

Pimpinan Bank BRI Syariah Cabang Palu, Umar mengatakan hal tersebut merupakan program subsidi pemerintah yang ditujukan untuk masyarakat mikro. Sementara, program tersebut dimulai dari bulan ini.

“Kita serius menjalankan program FLPP. Bagi nasabah dan karyawan yang ingin memiliki rumah subsidi, kami telah menyediakan fasilitas bila ada nasabah yang ingin membeli rumah,” imbaunya, Selasa (11/6/2019).

Sementara itu, kata Umar, BRI Syariah Cabang Palu juga telah bekerjasama dengan beberapa developer dalam program tersebut. Sedangkan, beberapa bulan pascabencana 28 September 2018 lalu. Pihak juga masih menunggu keputusan dari pemerintah terkait adanya wilayah yang terkena zona merah.

“Program FLPP sebenarnya sudah jalan 5 tahun lalu, hanya saja gempa bumi melanda Kota Palu dan sekitarnya, maka ditahun ini kita buka kembali, sekarang peta zona aman untuk membangun kita sudah tahu,” ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan jumlah nasabah yang telah terdaftar dan telah diproses di program KPR FLPP kurang lebih sekitar 100 orang.

“Kalau 15 tahun, angsuran termasuk sangat murah karena ada subsidi sekitar Rp1 juta per bulan. Di hari pertama pasca libur lebaran nasabah kebanyakan melakukan penyetoran,” katanya.

Lebih lanjut, Umar mengungkapkan saat ini pihanya masih menjadi satu-satunya penyalur KUR berskema syariah. Untuk itu, kata dia, harus dilakukan sebaik mungkin, apalagi potensinya pun masih besar.

“Bahkan nyatanya, ada daerah tertentu yang mau terima program KUR. Hanya bila disalurkan oleh bank syariah,” ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga memfokuskan pada program Purna Faedah atau bagi nasabah yang telah pensiun dari tempat di mana ia bekerja. Lanjut dia, BRI Syariah memberi jangka waktu bagi nasabah sampai dengan 15 tahun.

“Kita sekarang lagi kejar untuk program pembiayaan itu, sedangkan umur maksimal 75 tahun bagi pensiunan. Untuk marginnya setara 12,5 untuk pembiayaan,” terangnya.

Reporter: Fikri Alihana
Editor: Pataruddin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here