Home Palu

Beli Kosmetik Harus Cek Klik

277
Fauzi Ferdiansyah. (Foto: Ist)

Palu, Metrosulawesi.id – Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Palu kembali mengingatkan masyarakat teliti membeli produk, khususnya kosmetik. Sebelum membeli produk kosmetik harus cek klik. Cek klik yaitu cek kemasan, label, izin edar, dan tanggal kedaluwarsa kosmetik.

“Pertama-tama, cek kemasan dan label produk kosmetik yang anda beli. Periksa setiap sisinya apakah terdapat kecacatan dan perbedaan dengan kemasan kosmetik yang asli,” ujar Kepala BPOM Palu Fauzi Ferdiansyah, Selasa, 11 Juni 2019.

Selanjutnya kata dia, temukan Nomor Izin Edar (NIE) pada kemasan produk. Kosmetik yang legal dan aman sudah pasti mengantongi izin resmi dari BPOM dan memiliki NIE tersebut. Artinya, bahan-bahan yang terkandung didalamnya dijamin aman karena sudah diuji oleh BPOM.

Selain itu, pastikan bahwa NIE tersebut benar-benar terdaftar di web resmi BPOM. Sebab, mungkin saja beberapa produk kecantikan hanya sekadar menempel nomor izin edar yang asal-asalan.

“Jika produk kosmetik yang Anda beli tidak memiliki nomor izin edar maupun tidak benar-benar terdaftar, maka kosmetik tersebut sudah pasti ilegal dan tidak terjamin kandungannya,” ucap Fauzi.

Dia menambahkan jangan lupa untuk melihat tanggal kedaluwarsa pada label produk. Sebab hal ini sering kali terlewatkan karena kebanyakan orang percaya bahwa setiap kosmetik yang beredar merupakan produk baru.

“Sama seperti makanan, kosmetik yang kedaluwarsa dapat menimbulkan efek samping yang membahayakan kesehatan,” kata dia.

Reporter: Michael Simanjuntak

Ayo tulis komentar cerdas